DPPKP Kabupaten Meranti Cek 37 Ekor Sapi Kurban Di Tebing Tinggi Barat

Senin, 05 September 2016

Petugas Dari DPPKP Lakukan Cek Kesehatan Hewan Kurban

PELITARIAU,Meranti- Sebanyak 37 Ekor Sapi kurban dari 3 kelompok ternak sapi di kecamatan Tebing Tinggi Barat yakni kelompok ternak central, kelompok ternak Bahagia, dan Kelompk ternak sapi lakukan pengecekan kesehatan hewan oleh Petugas kesehatan dari Dinas Pertanian,Peternakan dan Ketahanan Pangan ( DPPKP) Kabupaten Meranti.

 

 

Dari 37 ekor sapi tersebut berasal dari kelompok ternak sapi central 19 ekor, kelompok ternak sapi Bahagia 14 ekor dan kelompok ternak sapi Sukses 4 ekor.

 

 

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban di lakukan langsung oleh Seksi Bidang peternakan Kesehatan hewan Drh saprilia wulandari dan Drh Efdi Darmawan, selain itu Zulfazri kasi pemeriksaan hewan dan Ihwandi kasi pengembangan ternak ikut dalam pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut.

 

 

Kepala DPPKP kabupaten Meranti Yulian Norwis melalui Kasi Pengembangan ternak Ihwandi di dampingi Kasi Pemeriksaan hewan Zulfazri kepada wartawan Senin (5/9/16) mengatakan bahwa Sebelum penyembelihan kita lakukan pemeriksaan dan setelah di sembelih kita juga lakukan periksaan, apakah layak atau tidak hewan kurban tersbut untuk di konsumsi masyarakat.

 

 

Ihwandi juga mengatakan bahwa Kalau kita yang sudah sudah ternak kita sehat semua, di lengkapi dengan surat kesehatan.

 

 

Selain itu Zulfazri kasi pemeriksaan hewan mengatakan untuk hewan kurban Jenis sapi di kabupaten meranti berupa sapi bali, sapi PO, dan juga ada berangus. Hewan kurban kita datangkan harus sehat dan selama 6 bulan pengembangan menjelang idul Adha kita lakukan pemeriksaan hewan lagi sehingga hewan kurban di meranti sehat dan aman.

 

 

" Sapi kurban kita datangkan dari Sumbar, Siak,Bengkalis dan Daerah lainnya, Yang penting kita fokuskan hewan kurban kita sehat dan jelang kurban kita lakukan pemeriksaan kesehatan juga" Ungkap Zulfazri

 

 

Zulfazri juga menjelaskan Saat ini kebanyakan orang milih yang besar namun  volume kurban menurun dari tahun sebelumnya, Biasa pesan masyarakat pesan  5 ekor sapi sekarang cuma pesan 2, tentunya ada pengurangan dalam pemesanan hewan kurban pada pengepul yang di sebabkan keadaan ekonomi perkiraan.

 

 

Sekedar Informasi usai pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Tebing Tinggi Barat, DPPKP Meranti langsung Meluncur ke peternakan kelompok ternak berkah untuk lakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 65 ekor sapi di Desa Alahair Timur, selain DPPKP Meranti juga akan lakukan pemeriksaan kesehatan di Alahair Selasa (6/9/16) Mendatang.***ek