Tasik Nambus Destinasi Wisata Yang Terabaikan

Kamis, 25 Agustus 2016

Tasik Nambus Destinasi Wisata Yang Terabaikan

 

PELITARIAU, Meranti-Destinasi Wisata Tasik Nambus yang berada di Tanjung Darul Takzim Kecamatan Tebing Tinggi Barat merupakan Aset wisata Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

Ada tradisi yang unik di tasik nambus ini, setiap tahunnya tepatnya di rabu akhir di bulan safar ada tradisi mandi safar oleh masyarakat di lingkungan Tasik Nambus seperti Desa Tanjung Darul Takzim, Desa Tanjung bahkan Desa di daerah lainnya juga ikut dalam tradisi mandi safar tersebut.

 

Pemerintah daerah, bahkan Provinsi telah mencanangkan Tasik Nambus ini sebagai destinasi wisata, namun hingga saat ini tidak satupun wacana pembangunan tasik nambus berjalan, bahkan jalan menuju tasik nambus yang sudah di lakukan pengerasan tidak juga di jalankan pembangunannya.

 

Dari pantauan Pelitariau saat berkunjung ke Tasik Nambus bersama Disparpora Kabupaten Meranti yang saat itu mendampingi Tim Disparpora Provinsi yang sedang menjalankan proses syuting dengan di bintangi oleh finalis Bujang Dara Provinsi Riau Teddy melihat langsung keadaan tasik nambus yang saat ini tampak tidak terawat dan bahkan terabaikan dari sentuhan pembangunan seperti yang di canangkan pemerintah.

 

Sekretaris Disparpora Drs H Ismail Arsyad saat berbincang bincang kamis (25/8/16) mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya sudah mengajukan pencanangan pembangunan Tasik Nambus sebagai destinasi wisata bahkan ke provinsi, tapi tidak tau apa masalahnya kenapa sampai saat ini tidak juga di jalankan.

 

Menurut laki laki yang akrab di sapa Ayah Mail mengatakan bahwa master plant pembangunan tasik nambus sudah ada tinggal pengerjaannya, Jika tasik nambus ini di kelola dengan baik tasik nambus ini bisa menambah pendapatan masyarakat setempat bahkan PAD daerah. Tasik nambus ini jika di buatkan Playing Fox, perahu angsa, dan wahana wisata lainnya maka akan banyak yang berkunjung di tasik nambus ini, apa lagi jika masyarakat di sekitar bisa berjualan disana, itu berarti bisa menambah PAD baik Desa maupun kabupaten.

 

" Jika di kelola dengan baik, di adakan flaying fox, dan wahanan lainnya bisa meningkatkan pengunjung, apa lagi mandi safar pasti meningkatkan PAD" katanya

 

Ia juga berharap,kedepannya program pembangunan destinasi wisata tasik nambus bisa di bangun sehingga meranti bisa memilki destinasi wisata yang membanggakan,"harapnya.***ek