Inhil Raih Juara III Lombak Masak Tingkat Provinsi Riau

Rabu, 24 Agustus 2016

PELITARIAU, Inhil- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mendapat peringkat 3 juara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Provinsi Riau.

Ketua TP-PKK Inhil, Hajjah Zulaikha Wardan menyebutkan bahwa penampilan menu makanan dari Inhil pada saat lomba tersebut merupakan menu dari Kecamatan Reteh, Inhil.

"Alhamdullilah dapat Juara No.3 dengan Menu yang berbeda. Kita ingin semua kecamatan se-Inhil dapat menampilkan unggulan yang ada di daerah, sehingga kita mengharapkan masing-masing kecamatan itu tiap tahunnya bisa tampi," ujar Zulaikha Wardan, yang didampingi oleh Ny. Sarifuddin, Kaban Bp2KP Kabupaten Inhil, Rabu (24/8).

Kita berharap, lanjutnya, lomba ini bukan hanya untuk seremonial saja tapi yang lebih penting adalah kelanjutan dari pada itu. Seluruh ibu-ibu diharapkan mempuyai kreatifitas dalam rangka menyediakan pangan atau kelangkaan pangan.

"Kita tau bahwa kesediaan bahan pangan dari padi hasilnya berkurang sehingga diprediksi untuk kedepannya itu bisa ada kelangkaan pangan," tukasnya.

Menurutnya, dengan adanya lomba cipta menu tersebut tentu kreatifitas ibu-ibu bisa memenuhi kebutuhan pangan, bagaimana mengembangkan dan menggali potensi yang ada di daerah sendiri untuk dikembangkan menjadi pangan peganti, yang memang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan keluarga, harga yang murah.

"Bahan pangan disekitar kita kandungan gizinya tidak kalah dengan yang ada di kota-kota," katanya.

Adapun Menu makanan yang ditampilkan yakni  menu sarapan pagi, sate telur, talas rebus (pengganti lontong), omelet aneka toping dan buah. Lalu makanan selingan pagi, lemper singkong

Menu makan siang, nasi ubi permata jagung, pepes tahu, acar pepaya, senangin saos nanas kacang panjang, tumis genjer, air kelapa riak kuala. Selingan siang, brongko

Menu makan malam , soto pisang mutiara, martabak ubi jalar, batotok ikan, perkedel jagung. Selingan malam, goreng tempe kecap

Penyerahan hadiah sebagai juara 3 lomba yang digelar oleh Badan Ketanganan Pangan Provinsi Riau Bekerjasama Dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Riau tersebut dilakukan di Gedung Wanita Provinsi Riau, Jalan Dipenegoro No.36 A Pekanbaru, Selasa (23/8) yang dihadiri langsung Gubernur Riau, Ketua TP-PKK Provinsi Riau, Forkompinda Provinsi Riau, Kabupaten Kota Se-Riau.***Bud/Adv