Seluas 4 Ha Lahan Gambut Terbakar di Inhu

Ahad, 21 Agustus 2016

dok

PELITARIAU, Inhu - Peristiwa kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) kembali terjadi dalam wilayah Inhu. Kali ini karlahut terjadi didesa Kota Baru Kec Rakit Kulim yang membakar seluas 4 hektar lahan.

Lahan yang terbakar tersebut merupakan gambut basah serta semak-semak milik desa tersebut yang juga dipergunakan sebelumnya sebagai lokasi persawahan. Kebakaran dilokasi yang ada gambut tersebut diketahui sejak Jumat (19/8) dan hari ini Minggu (21/8) api sudah berhasil dipadamkan.

Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni melalui Paur Humas Polres Inhu Ipda Yarmen Djambak, Minggu (21/8) membenarkan mengenai adanya kebakaran di desa Kota Baru tersebut. Menurutnya untuk memadamkan api dilakukan berbagai tindakan diantaranya ground cheking yang melibatkan sebanyak 9 orang personil.

"Sementara untuk melakukan pemadaman lahan tersebut dilaksanakan oleh sebanyak 44 orang personil. Dengan unsur terlibat diantaranya  Polri 9 personil, TNI 3 personil, Karyawan perusahaan PT. SRK 6 orang, Satpol PP 6orang, serta dibantu masyarakat sekitarnya sebanyak 20 orang,"jelas Yarmen.

Lebih jauh diuraikan untuk memadamkan api yang berada di lokasi gambut tersebut petugas menggunakan  peralatan 4 unit mesin Robin terdiri 1 unit dari Polsek Kelayang,  3 unit dari PT. SRK. Kondisi terakhir api sudah dapat dikuasai ( mati)  namun tetap dimonitor bersama warga utk antisifasi 4 unit mesin di stanbykan di rumah warga dekat lokasi, selanjutnya dipasangp Police Line. (r 10)