Jumlah Pendaftar CPNS Pelalawan 6.720 Orang

Rabu, 08 Oktober 2014

ilustrasi tes CPNS sistim CAT

PELITARIAU, Kerinci -Sampai batas penutupan pendaftaran CPNS Sabtu (4/10)  kemarin, jumlah pendaftar CPNS di Pelalawan via online sebanyak.6.720 orang. Dari  jumlah tersebut berkas yang diterima sebanyak 6.129 dan saat ini masih diverifikasi berkas manual yang masuk via pos.

 

Demikian disampaikan Kepala BKD Pelalawan, Andi Yuliandri S.Kom, Rabu (8/10). Menurutnya penetapan para pelamar yang lolos tes administrasi ini diumumkan tanggal 12 Oktober mendatang, mundur dari jadwal semula yakni tanggal 9 Oktober sesuai ketentuan dari BKN.

Ditanya berapa jumlah peserta yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), Andi tak mau membeberkan hal tersebut. Namun untuk penyaringan berkas administrasi ini, kebanyakan para peserta yang tak memenuhi syarat persoalannya karena KTP dan usia yang sudah melampaui.

"Peserta yang tak memenuhi syarat itu kebanyakan karena KTP dan usia yang sudah tak memenuhi syarat. Jadi banyak yang bukan berasal dari Kabupaten Pelalawan serta usia yang lebih dari 35 tahun per tanggal 1 Desember, padahal hal itu cukup tegas sebagai persyaratan tes CPNS ," ungkapnya.

Disinggung soal pelaksanaan tes CPNS sendiri, Andi menjelaskan bahwa pihaknya saat ini berencana akan menggelar pelaksanaan ujian CPNS Mandiri. Artinya, ujian CAT CPNS akan digelar di Kota Pangkalankerinci dengan lokasi ujian sementara ini yang baru dipilih adalah SMAN 1 Pangkalankerinci.

Untuk itu pihaknya telah bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk masalah penyediaan komputer. Sedangkan untuk masalah jaringan dan server, pihaknya berencana akan bekerjasama dengan BKN regional Riau. Diharapkan untuk rencana tes mandiri tak ada kendala apa-apa ke depannya.

"Kalau tes CPNS-nya sendiri belum ditentukan kapan. Tapi yang jelas, karena kita merencanakan akan menggelar sistim ujian mandiri, maka nanti dalam waktu dekat ini akan diutus tim dari BKN Pusat dan Riau untuk melihat persiapan kita di sini. Kalau kita gelar sistim ujian mandiri, kemungkinan tes CPNS jadwalnya akan lebih cepat tenimbang kita menumpang di BKN Riau, karena kita harus antri dengan daerah-daerah lain di Riau termasuk Sumatra Barat yang akan melakukan tes CPNS-nya di BKN Regional Riau," bebernya.

Ditambahkannya, jika sistim ujian mandiri digelar di Kabupaten Pelalawan maka pihaknya akan menyediakan 100 buah komputer. Dari 100 buah komputer itu, asumsinya dalam satu hari bisa 400 orang yang akan melaksanakan ujian yang digelar dari pagi sampai jam 5 sore. Dan sejauh ini, baru SMAN 1 Pangkalankerinci yang akan menjadi lokasi pelaksanaan tes CPNS untuk di Kabupaten Pelalawan. (kor. htl)

 

Editorial: Rio Ahmad