Mengenal Ilmuwan Keren di Lingkaran Presiden

Sabtu, 20 Agustus 2016

Erna Maria Lokollo

PELITARIAU, Jakarta - Perkenalkan, namanya Ibu Erna Maria Lokollo. Sosok yang satu ini mungkin belum banyak dibicarakan oleh publik, tapi kepakarannya tak usah diragukan lagi. Prestasinya keren banget.

Ibu Erna saat ini duduk sebagai Waki Dekan Fakultas Sains dan Teknologi di Sampoerna University. Selain mengajar di Sampoerna University, Erna juga mengajar di Institut Pertanian Bogor.

Tak cuma itu jabatan yang disandangnya berbarengan.

Kini Ibu Erna adalah Ketua Tim Kajian di Dewan Pertimbangan Presiden, yang diembannya sejak 2105. Ini berkat pengalamannya selama lebih dari 25 tahun sebagai ilmuwan di bidang kebijakan sosial ekonomi dan pertanian, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Ibu Erna adalah ilmuwan di Indonesian Centre for Agro Socio Economics and Policy Studies (ICASEPS).

Selain itu, Ibu Erna juga sosok berpengaruh lho di Indonesian Biosafety Commission. Dulu dia pernah jadi ketua tim assessment mengenai dampak sosial ekonomi dari Bt cotton.

Bt cotton ini adalah semacam varietas kapas yang sudah dimodifikasi secara genetik sehingga mampu menghasilkan insektisida untuk menghalau hama ulat.

Beberapa riset yang dilakukannya, antara lain: riset komoditas pengganti komoditas impor, managemen rantai suplai industri pisang di Australia dan Indonesia, dan beberap riset bioteknologi.

Wow, banyak ya kiprah Ibu Erna di bidang ilmu yang dikuasainya. Tak heran, sebab Ibu Erna itu sarjana Ekonomi Pertanian di IPB, kemudian mengambil S2 masih di bidang yang sama di almamaternya. Lalu gelar Ph.D diraihnya di bidang ekonomi pertanian dan konsumen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat.

O iya, Ibu Erna juga menguasai tiga bahasa lho, selain bahasa Indonesia. Dia bisa berbahasa Inggris, Prancis dan Belanda. Keren ya.***(prc/CNN)