Sebaiknya Jangan Beli Tiket Pesawat di Hari Sabtu, Harga Naik

Sabtu, 20 Agustus 2016

dok

PELITARIAU, Jakarta - Berwisata menggunakan transportasi udara tentu menyenangkan. Anda hanya butuh waktu beberapa jam saja untuk bisa berpindah dari negara satu ke negara lainnya.

Tak hanya itu, Anda tentu tidak akan merasa bosan jika berada di dalam pesawat. Anda bisa menikmati fasilitas yang disediakan seperti makanan, televisi kecil ataupun majalah.

Namun, ada harga, ada barang. Untuk bisa menikmati perjalanan yang nyaman dengan pesawat, Anda juga harus membayar dengan harga yang tidak murah.

Kecuali, jika Anda bisa membeli tiket dengan memanfaatkan promo yang tengah berlangsung. Untuk itu, melansir dari Diply, terdapat trik yang bisa Anda gunakan untuk memesan tiket pesawat, yaitu jangan memesan tiket pada Sabtu.

Sebab Sabtu tentu merupakan salah satu hari yang bisa dimanfaatkan untuk mencari tiket, namun, justru di hari ini lah harga maskapai penerbangan dibanderol dengan harga tinggi.

Berdasarkan laporan Orbitz.com, harga penjualan tiket pesawat yang dijual di hari Sabtu bisa tujuh persen lebih tinggi dibanding harga di hari lain. Akan lebih baik bagi Anda jika membeli tiket di hari lain, seperti Rabu, Kamis ataupun Jumat.

Alasannya sederhana, maskapai penerbangan memiliki sistem harga mingguan. Sistem ini berlaku, meskipun Anda memesan tiket pesawat untuk pekan depan maupun bulan depan.

Penentuan harga ini dimulai pada Senin, di mana seluruh maskapai penerbangan tersebut menjual kursi pesawat dengan harga normal di koran ataupun di agen wisata.

Dari sana maskapai akan melihat apakah mereka perlu melakukan penawaran yang murah atau tidak. Jika banyak kursi yang tidak terjual di awal pekan, maka penawaran murah akan diberikan untuk para pelancong.

Usai kursi pesawat terjual habis di akhir pekan, maka mereka akan memulanya kembali pada Senin. Tapi, sesuatu yang ajaib akan terjadi pada Selasa.

Maskapai penerbangan akan bersaing satu sama lain dalam sebuah perang harga. Tentu saja ini dilakukan untuk berlomba-lomba merebut hati para pelancong.

Untuk itu, biasanya Selasa adalah hari terbaik untuk melakukan transaksi pembelian tiket pesawat. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa di hari itu, harga yang ditawarkan berbeda dengan hari-hari biasanya.

Lebih spesifiknya lagi adalah Selasa pukul 15.00 EST atau pukul 02.00 WIB. Namun, belum jelas apa yang menjadi alasan hari Selasa menjadi hari terbaik untuk memesan tiket.

Cara lain untuk bisa membeli tiket pesawat dengan murah adalah dengan menjadi pengikut di akun media sosial maskapai penerbangan, dan tentu saja memberikan alamat e-mail Anda agar kelak mendapat informasi terkait penerbangan yang murah meriah.

Ini penting bagi Anda yang gemar berwisata. Hal itu dikarenakan, beberapa maskapai penerbangan menawarkan tiket murah hanya dalam hitungan jam saja.***(prc/CNN)