PMI Pasir Penyu Inhu Miliki 800 Pendonor Darah

Ahad, 14 Agustus 2016

Ketua PMI bersama Camat, Danramil, Pimpinan PT TPP serta peserta donor darah

PELITARIAU, Inhu - Saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kec Pasir Penyu Inhu mencatat ada sekitar 800 orang pendonor darah diwilayah tersebut. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar yang ada diantara 14 Kecamatan yang ada di Inhu.

Para pendonor ini siap untuk menyumbangkan darahnya disetiap kegaiatn donor darah yang dilaksanakan oleh PMI bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk perusahaan. Seperti yang dilaksanakan di aula kantor Camat Pasir Penyu, Minggu (14/8) kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PT TPP bersama masyarakat.

"Dalam donor darah ini kita hanya menargetkan sebanyak 100 kantong darah saja mengingat tempat untuk penyimpanan darah sangat terbatas. Apabila ribuan karyawan perusahaan serentak menyumbangkan darah tentunya PMI juga kewalahan untuk menyimpannya,"jelas Ketua PMI Kec Pasir Penyu Elpahri Adha disela-sela pelaksanaan kegiatan donor darah PT TPP dan masyarakat.

Kita melihat animo dan kesadaran masyarakat Pasir Penyu dalam menyumbangkan darah untuk membantu sesama sangat tinggi. Meskipun kita batasi jumlahnya banyak diantara masyarakat yang hanya datang untuk melihat pelaksanaan kegiatan.

"Tidak ada paksaan ataupun tekanan bagi masyarakat ataupun karyawan perusahaan untuk mendonorkan darahnya. Memang kesadaran masyarakat yang sudah tinggi, apalagi masyarakat mendapatkan manfaat ganda selain membawa manfaat bagi orang banyak juga bagi diri sendiri dalam hal kesehatan,"jelas Elpahri.

Diungkapkannya masyarakat ataupun karyawan yang akan menyumbangkan darah ini diperiksa terlebih dahulu kesehatannya. Seperti tekanan darah dan juga HB darah bahkan juga umur pendonor tidak boleh lebih dari 60 tahun. 

"Kegiatan seperti ini akan kita laksanakan terus sedikitnya tiga kali dalam satu tahun secara bergantian. Mengingat para pendonor ini diambil darahnya satu kantong sebanyak 350 cc hanya sekali enam bulan,"jelas ketua PMI ini. (r 10)