Lahan Perkebunan Seluas 10 Ha Terbakar di Inhu

Sabtu, 13 Agustus 2016

Sisa kebakaran yang masih mengeluarkan asap

PELITARIAU, Inhu - Peritiwa kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) kembali terjadi dalam wilayah Inhu. Kali ini perkebunan kelapa sawit milik Sujar, lahan kosong dan semak belukar seluas 10 hektar yang terletak di desa Penyaguhan Kec Batang Gansal terbakar.

Kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 17.00 WIB pada hari Jumat (12/8) dan hingga berita ini dibuat diperoleh informasi api sudah padam namun masih ada menyisakan asap. Pemadaman api dilakukan oleh aparat Kepolisian, TNI dibantu perusahaan dan juga masyarakat.

Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni melalui Paur Humas Polres Inhu Ipda Yarmen Djambak, Sabtu (13/8) mengatakan bahwa api dilokasi kebakaran lahan desa Penyaguhan sekitar 10 ha sudah padam. Namun sekitar tiga hektar diantaranya masih mengeluarkan asap dan terus dipantau petugas.

Untuk memadamkan api menurut Yarmen petugas melakukan ground cheking dengan jumlah personil 4 orang serta pemadaman dengan jumlah perkuatan 20 orang. Dengan melibatkan unsur 4 personil Polri, 2 TNI, 7 Manggala Aqni,5 karyawan PT Palma II dan 3 orang masyarakat desa Penyaguan serta 5 orang team BNPB Kab Inhu.

Dalam memadamkan api petugas menggunakan peralatan berupa 7 buah Mesin Robin, antara lain mesin milik PT Palma sebanyak 5 Unit, dari Polri sebanyak 1 Unit dan 1 Unit milik Manggala Agni. Saat ini lokasi bekas kebakaran sudah dilakukan pemasangan Police Line dan rencana tindak lanjut akan memintai keterangan pemilik lahan dan saksi.

"Kondisi terakhir tinggal sisa-sisa yang terbakar seluas lebih kurang 3 ha masih mengeluarkan asap yang saat ini masih dilakukan pemadaman. Pihak PT Palma dan masyarakat masih siaga di lokasi mencegah api membesar kembali,"terang Yarmen (arif/prc)