Ribuan Warga Mengunsi dan Tinggal Di Rumah Sewa

Senin, 14 Juli 2014

Gunung Sinabung meletus disertai awan panas guguran meluncur hingga empat kilometer.

MEDAN (PR) – Untuk kesekian kalinya, aktifitas Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meningkat. Seperti kejadian kemarin malam sekitar pukul 23.05 Wib, Gunung Sinabung meletus disertai awan panas guguran meluncur hingga empat kilometer.

"Lama letusan Gunung Sinabung mencapai 267 detik," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) seperti dilansir poskota news.com.

katanya, Warga sempat panik, apalagi kejadian disaat mereka sedang lelap tertidur. Hingga saat ini lebih kurang 1.258 kepala keluarga tinggal di rumah sewa. Dan sebanyak 14.130 jiwa atau 4.392 kepala keluarga berada di 23 titik penampungan.

"Tidak ada penambahan pengungsi. Namun, kebanyakan warga tinggal di rumah sewa,"ujarnya seraya mengatakan, kalau Butuh 130 Ribu Lembar Seng untuk perumahan warga tersebut.

Sutopo juga mengingatkan sejak tanggal 25 Mei 2014 lalu, penanganan Sinabung telah diserahkan kepada Gubernur Sumut. "Agar pengungsi tidak lama tinggal di pengungsian maka disewakan rumah dengan biaya Rp300 ribu perbulan perKK, lahan pertanian dengan biaya Rp2 juta perKK pertahun, dan diberi jadup. Ini semua atas inisiatif pengungsi,"ungkapnya. (PR- CR 01)