Pengurus PKK dan Dekranasda Meranti Masa Bakti 2016-2021 Resmi Dilantik

Kamis, 11 Agustus 2016

Foto bersama Pengurus Dekranasda dan Tim Penggerak PKK bersama Ketua PKK Hj. Nirwana Irwan dan Ketua DPRD Fauzy Hasan SE

PELITARIAU, Meranti- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kepulauan Meranti Hj. Nirwana Sari Irwan, melakukan pelantikan Pengurus PKK Kabupaten Kepulauan Meranti dan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Bakti 2016-2021, bertempat di Aula Kantor Bupati, Kamis (11/8).

 
Turut hadir Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Irwan MSi, Ketua DPRD Fauzy Hasan SE, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj Syamsiar Said Hasyim, Kepala Dinas/Badan/Bagian dilingkungan Pemkab. Meranti, pengurus PKK dan Dekranasda yang dilantik serta anggota, Kepala Kemenag, Perwakilan Polres Meranti, serta Para Camat dan tokoh lainnya.
 
Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Meranti Hj Nirwana Irwan berharap dengan pelantikan pengurus dua organisasi wanita tersebut dapat memperkuat peran wanita dalam mendukung percepatan pembangunan daerah.
 
Apalagi ditengah era perdagangan bebas dan kemajuan teknologi informasi yang dahsyat saat ini, perempuan dituntut untuk memberdayakan potensi diri mulai dari yang terkecil membantu ekonomi keluarga, hingga peran pemberdayaan masyarakat apalagi ditengah ekonomi global yang sulit saat ini.
 
"Perempuan sesuai kodratnya bisa perpenampilan maskulin dirumah, tetapi capaian prestasi tak boleh kalah oleh kaum pria, perempuan harus bisa menjaga kelembutan dengan sifat keibuan nan penuh kasih sayang pada suami dan anak dalam melaksanakan perannya sebagai pencerah peradaban," ujar Nirwana.
 
Sejauh ini, PKK Kabupaten Kepulauan Meranti dikatakan Nirwana Irwan, telah
menggelar berbagai kegiatan dan pelatihan usaha kecil dalam rangka mempersiapkan kaum perempuan untuk memperkuat ekonomi keluarga. Dengan upaya itu diharapkan semakin banyak industri perumahan yang terbentuk. Adapun pelatihan usaha kecil yang dilakukan seperti pembuatan sirup mangrove di Kecamatan Rangsang dan produksi berbagai makanan khas daerah.
 
 
Demi berkembangnya usaha kecil dan menengah yang tengah dirintis oleh Tim Penggerak PKK, Nirwana juga meminta dukungan dari SKPD terkait, mulao dari bantuan pendanaan hingga produk digerai dan mini market. 
 
"SKPD terkait kami harapkan dukungannya mulai dari pendanaan dan juga pemasaran produk agar bisa diterima di mini market, bukan hanya diwarung milik sendiri,"
ungkapnya.
 
 
Akhir kata, Nirwana meminta kepada pengurus yang baru saja dilantik untuk
tetap semangat melaksanakan perannya. "Kepada pengurus tetap semangat meski berada dalam kondisi tekanan ekonomi hebat seperti saat ini, jadikan itu sebagai motivasi dalam menghadirkan berbagai produk baru yang unggul sesuai keinginan pasar. Jangan lupa tetap jaga kekompakan dan koordinasi aktif antar pengurus demi eksistensi PKK dan Dekranasda dalam menggerakan peran perempuan membangun negeri khususnya ekonomi keluarga," papar Nirwana.
 
Hal senada juga dikatakan oleh Ketua DPRD Meranti Fauzy Hasan SE, ia meminta seluruh pengurus dan anggota dapat saling mendukung, sehingga peran perempuan dalam upaya memperkuat ekonomi keluarga ditengah kemerosotan ekonomi saat ini dapat terwujud. 
 
 
"Semoga PKK dan Dekranasda selalu kompak dan saling dukung untuk meningkatkan kwalitas keluarga dan masyarakat pada umumnya," pungkas Fauzy Hasan.***