Inhu Kembali Dilanda Kabut Asap, Dinkes Siapkan Masker

Selasa, 07 Oktober 2014

H. Suhardi

PELITARIAU, Rengat –Sejak dua hari belakangan ini Inhu kembali dilanda kabut asap. Matahari terlihat memerah dan udara terasa panas sehingga membuat badan gerah

 

Jarak pandang pada siang hari Selasa (7/10)  hanya terlihat 200 meter. Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu mulai mengantisipasi kabut asap tersebut dengan mempersiapkan masker.

 

"Kita sudah mengantsipasi dampak buruk kabut asap bagi masyarakat dengan cara mempersiapkan masker. Saat ini kita sudah memiliki 18.000 lebih masker yang sudah kita sebar luaskan di UPTD Dinkes kecamatan, dan apabila sangat diperlukan kita akan langsung bagi kemasyarkat yang memerlukannya." Ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu H. Suhardi.

 

Menurutnya selain membagikan masker nantinya juga akann turun langsung ke masyarakat untuk memberikan pengertian dan bahaya dari kabut asap yang menimpa masyarakat. Hal itu sudah dilakukan dengan turun langsung melalui sekolah-sekolah memberikan penjelasan.

Saat ini diakuinya bahwa Dinkes Inhu belum memiliki alat pengukur udara, seperti yang ada di ibukota provinsi. Menurut secara kasat mata dan hasil analisa  status kabut asap saat ini berkisar 80 sampai dengan 100. Sebenarnya udah termasuk harus siaga tetapi masih tergolong belum begitu parah.

 

“Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi kegiatan di luar rumah, perbanyak konsumsi air putih. Serta selalu menjaga kesehatan dengan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) sehingga kesehatan kita selalu terjaga,”jelas Suhrdi. (cr. tony)

 

Editorial: Rio Ahmad