Digelar Seminar Nasional, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 10 Agustus 2016

Suasana seminar nasional

PELITARIAU., Pekanbaru - Digelar seminar Nasional dan diskusi mengenai percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol dorong pertumbuhan perekonomian di Provinsi Riau, Selasa (9/8).

Dalam seminar tersebut,  Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengharapkan untuk jalan Tol Pekanbaru menuju Dumai dapat mendorong perekonomian Riau. "Jika Tol selesai, maka daya saing Provinsi Riau bisa meningkat dan Tol Pekanbaru-Dumai menjadi Tol yang tertarik di pulau sumatera", ujarnya

Pihak Pemerintah Provinsi Riau, Masferi mengatakan, Pemprov mendukung sepenuhnya jalan tol trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai. Penetapan lokasi berada pada muatan RTRW Provinsi Riau."Pemrov akan memfasilitasi pembebasan lahan antara pemprov dengan pihak kabupaten/kota", katanya

Pada kegiatan seminar nasional tersebut, Dirut PT Hutama Karya, Ngurah Putra menambahkan bahwa survei infrastruktur Indonesia ada diurutan ke 62. Dikatakannya pada survei tahun 2007 hingga tahun 2015 peran wilayah dalam PDB Indonesia, pulau Sumatera ada diperingkat ke dua.

PT HK ditugaskan membangun delapan ruas tol Trans-Sumatera. Dalam acara, PT HP memberikan usulan kepada Pemrov Riau agar pemerintah dapat menyesuaikan tata ruangh."Penyesuaian peraturan untuk mendukung percepatan pembangunan jalan tol. Tol Pekanbaru-dumai sudah dilakukan pengukuran", jelasnya.

Emma Sri Martini selaku Presdir PT SMI (sarana multi Infrastruktur) pada seminar tersebut mengatakan, terdapat 3 pilar bisnis PT SMI. PT SMI membantu pemerintah Provinsi menyelesaikan proyek proyek." Kesiapan sumber daya manusia pemda yang diperlukan adalah komitmen, kompetensi dan kuantitas", harapnya.

Seminar Nasional dan diskusi tersebut berjalan dengan lancar. Dimana seminar yang dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi pemerintah provinsi Riau dan juga dihadiri oleh sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah tersebut berlangsung dari pukul 1 siang hingga pukul 5 sore di Aryaduta Hotel Pekanbaru.

Didapat hasil kesimpulan pada seminar tersebut yakni pembangunan jalan tol dapat meningkatkan ekonomi daerah dikarenakan pembangunan infrastruktur berbanding positif dengan pertumbuhan ekonomi. (dian)