Dipastikan di Meranti Tidak Ada Vaksin Palsu

Selasa, 09 Agustus 2016

ILUSTRASI

PELITARIAU, Meranti- Kasus vaksin palsu yang menghebohkan indonesia membuat keresahan masyarakat tanpa terkecuali masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kendati begitu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kepulauan Meranti dr Irwan Suwandi melalui Sekretaris Diskes Kepulauan Meranti dr Misri Hasanto memastikan sampai saat ini vaksin palsu tidak ada di Kabupaten termuda di Provinsi Riau.

 
"Kita dari dinas kesehatan menjamin seluruh vaksin itu tidak ada yang palsu, semuanya aman," terang dr Misri, saat ditemui Pelitariau.com belum lama ini di ruang kerjanya. 
 
Selain itu dirinya juga mengatakan kalau vaksin yang sampai saat ini digunakan Diskes Meranti merupakan vaksin yang didapat melalui pihak kementerian.
 
"Disini kita mendapatkan vaksin itu langsung dari pusat (Kementerian terkait, red) dan tidak melalui pengadaan barang ataupun dari rekanan," jelasnya.
 
"Karena vaksin ini langsung didroping dari Provinsi, dan Provinsi langsung didroping dari pusat dalam hal ini kementerian. Maka dari itulah para oknum yang tidak bertanggung jawab tidak ada celah untuk masuk," jelasnya kembali. 
 
"Dalam hal ini, PT Biofarma yang langsung memproduksi vaksin itu, nah itu merupakan langsung dari pemerintah," tambahnya.
 
Terkait penerimaan vaksin itu sendiri, pihak Diskes Meranti pun telah melakukan pengawasan. Pengawasan itu dilakukan mulai dari pendistribusian penyimpanan hingga sampai penyaluran ke Puskesmas se-Kabupaten Meranti. 
 
"Itu kita jamin, karena barang itu dikelola dan diawasi. Karena vaksin itu disimpan pada kulkas khusus," pungkas dr Misri, sembari memberikan pengetahuan kepada masyarkat Meranti kalau di Meranti tidak ada vaksin palsu.***