JCH Bengkalis Berangkat dua Kloter Tanggal 11 dan 17 Agustus

Ahad, 07 Agustus 2016

Jamaah Haji di Mekah

PELITARIAU, Bengkalis - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bengkalis tahun 2016 terbagi kedalam dua kelompok terbang (kloter). Pertama kloter 4 bergabung dengan JCH asal Kota Pekanbaru. Sedangkan untuk kloter 10, JCH Bengkalis akan bergabung dengan JCH se Provinsi Riau kecuali Kuansing dan Rohul.

Demikian dijelaskan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis, H Jumari kepada wartawan pekanlalu. Dikatakan, dua kloter tersebut akan diberangkatkan dari Bengkalis menuju embarkasi Batam pada tanggal 11 dan 17 Agustus 2016.

"Sudah ada kepastian kapan dan tergabung dalam kloter berapa keberangkatan JCH asal Kabupaten Bengkalis. Untuk kloternya kita tergabung dalam kloter 4 dan 10, sedangkan jadwal keberangkatan ke embarkasi Batam, tanggal 11 dan 17 September 2016," kata Jumari.

Dijelaskan, total JCH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 4 sebanyak 339 JCH, sedangkan di keletor 10 sebanyak 29 JCH. Sebelum bertolak ke embarkasi Batam beberapa tahapan legiatan sudah dilakukan oleh JCH Kabupaten Bengkalis. Seperti kegiatan manasik, pelatihan dan pembinaan bagi Karom dan lainnya. Bahkan kata Jumari, untuk JCH asal Kecamatan Mandau dan Pinggir sudah dilepas oleh Pemkab Bengkalis beberapa hari lalu.

"Untuk JCH Mandau dan Pinggir sudah dilepas beberapa, sedangkan untuk Bengkalis, Bantan, Rupat, Rupat Utara, Bukit Batu dan Siak Kecil akan dilepas Senin nanti di gedung Cik Puan," ujar Jumari lagi.

Apa yang penting kata Jumari, seperti juga disampaikan saat musim haji selama ini, bahwa seluruh JCH diharapkan mempersiapkan diri dengan baik. Jaga stamina dengan rutin berolahraga, terutama membiasakan diri berjalan kaki.

"Apatah lagi kita mendengar kabar kalau di tanah suci saat ini kondisinya sangat panas, kabarnya hingga mencaapai 50 darjat celcius. Untuk itu kita terus ingatkan kepada para JCH untuk menjaga kesehtan, perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Tapi apapun itu, mari sama-sama kita niatkan bahwa kita berangkat ke tanah suci semata-mata untuk beribadah kepada Allah," saran Jumari.

Ditanya soal keberangkatan ke embarkasi Batam, kata Jumari seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Bengkalis menyiapkan kapal laut yang sengaja dicarter. "Insyallah tahun ini kita tetap menggunakan kapal laut yang sengaja disiapkan atau dicarter oleh pemkab Bengkalis,"papar Jumari lagi.

Terpisah Kasi Haji Kemenag Kabupaten Bengkalis, Drs H Abdul Hamid mengatakan, total JCH Kabupaten Bengkalis pada tahun ini berjumlah 428 orang, dengam rincian; jamaah Kecamatan Bengkalis 85 orang, Bantan 23 orang, Bukit Batu 39 orang, Siak Kecil 18 orang, Rupat 5 orang, Rupat Utara 1 orang, Pinggir 18 orang dan Mandau 239 orang.*** (r 10/hrc)