Shalat Idul Adha di Halaman Kantor Bupati Inhu Berjalan Lancar

Ahad, 05 Oktober 2014

PELITARIAU, RENGAT-Pelaksanaan Salat Idul Adha di halaman kantor Bupati Inhu Pematangreba Ahad (5/10) berjalan dengan lancar. Ribuan umat Islam didaerah ini menghadiri salat Idul Adha, sehingga lapangan kantor Bupati terlihat sesak oleh warga yang hadir.

 

Tampil sebagai khatib adalah Erlan Naufal MAg dan Imam adalah H.Al-Ikhsan. Dalam uraian Khutbah khatib menyampaikan tentang hari raya Kurban atau yang sering disebut dengan hari raya Idul Adha.

 

Khatib menguraikan tentang makna bekurban bagi umat Islam dan pahalanya. Perintah ini sangat tegas disampaikan Alllah SWT.”Bahkan dalam beberapa hadist Nabi Muhammad SAW juga menegaskan hal itu. Bagi umat Islam yang mampu, tapi tidak mau berkurban, jangan dekati tempat salat kami,”ujarnya menyampaikan hadist.

 

Selain itu sebutnya, pelaksanaan ibadah haji penuh dengan pengorbanan, yaitu harta benda. Sehingga haji hanya di wajibkan kepada umat Islam yang mampu saja. Beberapa rukun haji sendiri menurut Erlan memiliki banyak keutamaan untuk diambil manfaat dalam menjalankan kehidupan sehari hari.

 

Seperti pelaksaanan wukuf di padnag Arafa, yang merupakan tempat berkumpul semua jemaah haji.”Nanti kita juga akan dikumpulkan di padang mahsyar seperti yang tergambar berkumpulnya jemaah haji di padang Arafah,”ujarnya.

 

Sedang memakai pakaian Ihram menurutnya adalah lambang kesederhanaan dalam berpakaian. Karena manusia dimata Yang Maha Kuasa adalah sama, tidak ada yang lebih tinggi dari yang lain. “Yang membedahkan hanya ketaqwaan disisi Allah SWT,”ucapnya.

 

Ia juga menggambarkan sosok Siti Hajar yang merupakan Istri dari Nabi Ibrahim As dalam menjalani kehidupan. Salah satu sifat beliau adalah ketaatan kepada Allah SWT dan kepatuhan kepada suami. Lebih jauh Ia mengatakan, peran wanita dalam mendidik anak sangat penting, sehingga perempuan dalam hadist diibaratkan sebgai tiang sebuah Negara.

 

Diakhir Khutba Ia berpesan agar dalam menjalani kehidupan dilakukan dengan penuh perjuangan dan beramal dengan penuh keiklasan. Bahkan juga mengajak masyarakat untuk menjalani kehidupan dengan baik sesuai dengan profesi dan bidang masing-masing.(cr. alfi)

 

Editor: Alfi Amd