Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Hari Ini, Lantik Menteri Baru

Rabu, 27 Juli 2016

Presiden Joko Widodo

PELITARIAU, Jakarta - Reshuffle kabinet Jilid II dikabarkan segera diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (27/7/2016) hari ini. Informasi yang berkembang, Presiden Jokowi akan melantik menteri baru dan menteri yang digeser posisinya sebelum dilaksanakan sidang paripurna kabinet pada pukul 15.00 WIB nanti sore.

Reshuffle kabinet semakin terdengar kuat setelah sejumlah menteri mulai berpamitan baik melalui media sosial maupun kegiatan internal yang dilakukan tertutup. Salah satu menteri yang disinyalir menulis pesan perpisahan adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral‎ (ESDM) Sudirman Said.

"Alhamdulillah, tugas besar selesai. Ladang amal dan perjuangan makin lebar. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia yang hebat ini. Thx semua," kicau Sudirman melalui akun twitternya @sudirmansaid, pada Selasa, 26 Juli 2016 tadi malam sebagaimana dikutp sindonews.com

Tak ketinggalan Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui akun twitter @pramonoanung berkicau, "Alhamdulillah bisa membantu menyelesaikan tugas yang tidak mudah. Semoga hasilnya baik dan membawa kebaikan bagi orang banyak #EsukHari," ungkap Pramono.

Pengumumam akan reshuffle bertambah kuat setelah pada Selasa petang tadi Presiden Jokowi kembali memanggil sejumlah menteri ke Istana Negara. Di antara menteri yang dipanggil Jokowi seperti Sudirman Said, Menteri Perindustrian Saleh Husen, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menpan RB Yuddy Chrisnandi, Menkeu Bambang Brodjonegoro.

Sebelumnya Presiden juga dikabarkan telah mengadakan pertemuan dengan‎ Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, Seskab Pramono Anung dan Mensesneg, Pratikno.

Diketahui dalam pemanggilan itu, sejumlah menteri berdalih pertemuan dengan Presiden untuk membahas persiapan rapat kabinet‎ paripurna yang akan dilaksanakan pada sore hari.***(prc)