Di Meranti Pencairan dana BOS Lambat, Apakah dampak dari Rasionalisasi?

Jumat, 22 Juli 2016

PELITARIAU, Meranti- Rasionalisasi anggran dari pusat ke kabupaten/ kota berdampak pada anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Meskipun besaran anggaran dana BOS tidak ada pengurangan namun keterlambatan cairnya anggaran dana BOS itu tampak di rasakan sejumlah sekolah.

Seperti Informasi yang di rangkum Pelitariau.com Jum'at (22/7/16) dari pengelola sekolah swasta di Meranti yang enggan di sebutkan namanaya. "H" mengatakan bahwa imbas rasionalisasi anggaran juga di rasakan pada dunia pendidikan. Untuk anggaran dana BOS memang tidak tambah dan tidak kurang karena pencairan dana Bos itu  berdasarkan jumlah siswa.

H juga menjelaskan bahwa di Meranti ada BOS dari pusat yang di anggarkan dari ( APBN) dan ada juga BOSDA. BOSDA ini merupakan alokasi dana yang berasal dari Kabupaten /Kota dan provinsi yang digunakan untuk mendukung BOS nasional dalam pembiayaan operasional sekolah.

Pengalokasian BOSDA sebagian besar menggunakan alokasi per siswa seperti BOS Nasional yang berkontribusi pada kesenjangan antar sekolah. Di sisi lain, BOSDA juga berpotensi untuk menjadi insentif bagi peningkatan kinerja sekolah.

"Untuk anggaran BOSDA tingkat SD swasta pertriwulannya Rp 2 Juta, dan Untuk SMP Rp2,5 Juta pertriwulannya" Jelas H

Lebih jauh dijelaskan bahwa dana BOS dianggarkan  untuk pembiayaan kegiatan belajar mengajar, Untuk ujian, membantu siswa miskin, untuk guru  honor dan satpam, untuk biaya Oprasional sekolah dan kegiatan
siswa. Yang paling besar untuk biaya ujian.

Berkaitan dengan buku siswa dari mana sumber anggaranya, mendukung proses belajar mengajar dijelaskan untuk buku pelajaran pokok sekolah dari  anggaran dana BOS. Setiap siswa di pinjamkan buku pokok dan untuk buku referensi siswa di bolehkn untuk membeli sendiri. Apa lagi program sekarang 1 siswa 1 buku.

Kelas 1 sampai kelas 4 saat ini menggunakan kurikulum 2013 bukunya menunggu dari pusat, buku yang akan di pake ada perubahan, nanti pemerintah yang menunjukkan, sekolah menganggarkan dari BOS. (eka)