Wabup Meranti Meminta Pengelola Kapal Kampanyekan Laut Bersih

Jumat, 03 Oktober 2014

internet

PELITARIAU, Selatpanjang- Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Meranti, Drs H Masrul Kasmy MSi, menghimbau seluruh pengusaha dan pengelola Kapal, baik kapal kargo dan kapal penumpang untuk mengkampanyekan kebersihan laut. Peran semua pihak diharapkan untuk menjaga kelestarian biota laut.

"Pengusaha dan pengelola Kapal harusnya ikut mengajak masyarakat atau penumpang untuk bersama-sama menjaga kebersihan laut. Mungkin dengan cara pemutaran video iklan yang mengajak melestarikan lingkungan, ataupun dengan memasang stiker ajakan tidak membuang sampah ke laut," kata Wabup Masrul, usai kegiatan operasi bersih pantai dan laut di Selat Air Hitam, Selatpanjang, Kamis (2/10)

Menurutnya, hal itu sangat penting mengingat sampah yang biasanya dibuang ke laut merupakan sampah-sampah plastik yang sulit hancur, sehingga bisa mengganggu ekosistem alam di laut dan mengancam kelestarian lingkungan.

"Prilaku yang kurang baik yaitu membuang sampah ke laut, sering ditunjukkan oleh pengelola kapal yang ada di Selatpanjang ini. Sampah-sampah plastik, hasil bungkusan makanan para penumpang di atas kapal, oleh petugas kebersihan kapal dikumpul lalu dibuang di tengah laut saat kapal dalam perjalanan, maupun ketika sandar, itu dilakukan didepan mata kita," ucap Wabup.

Seharusnya, lanjut Wabup, pemilik usaha kapal bisa mengajarkan para penumpang agar tidak membuang sampah di laut. Paling tidak bisa terbangun kepedulian bersama untuk melakukan sesuatu yang positif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Seperti burung Hud-hud dalam kisah nabi Ibrahim, meski tubuhnya kecil hud-hud tak pernah menyerah berusaha mengambil air dan memadamkan api yang membakar Nabi Ibrahim, terus berulang-ulang dilakukannya. Meskipun apinya besar, namun hud-hud tidak pernah menyerah hingga apinya padam. Saya berharap kegiatan bersih pantai ini semangatnya sama seperti burung hud-hud dan bisa berkesinambungan," harap Wabup. (kor. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad