Danau Raja Kota Rengat Inhu Mulai Sepi Pengunjung Paska Lebaran

Sabtu, 16 Juli 2016

Salah satu sudut pemandangan Danau Raja

PELITARIAU,Rengat- Danau Raja kota Rengat Inhu yang merupakan salah satu objek wisata mulai sepi dikunjungi pengunjung paska lebaran dan libur sekolah serta libur bersama PNS. Kondisi sepinya pengunjung di objek wisata yang berada dalam kota tersebut juga berdampak pada penghasilan pedagang yang berada di lokasi danau bersejarah tersebut.

Dari keterangan yang berhasil dihimpun pelitariau.com, Sabtu (16/7) di lokasi danau Raja mengatakan bahwa danau Raja ramai dikunjungi wisata sampai empat hari pasca lebaran. Para wisata yang datang berasal dari berbagai Kabupaten di Riau seperti Inhil, Pelalawan, Kuansing serta Siak, serta tentunya masyarakat dari Inhu sendiri.

Salah satu keistimewaan danau Raja ini yang mendapatkan perhatian pengunjung dari airnya yang tidak pernah berkurang walaupun kemarau selama apapun. Selanjutnya juga kalau air sungai Indragiri banjir tidak berpengaruh terhadap air danau Raja, walaupun jarak sungai Indragiri hanya sekitar 200 meter.

"Saya sudah melihat sendiri kondisi objek wisata danau Raja yang cukup menakjubkan ceritanya, khususnya mengenai airnya yang terlihat jernih dan tidak pernah berkurang. Ini merupakan salah satu keajaiban yang harus terus dikembangkan,"ungkap Fendi salah seorang wisatawan dari Kab Siak yang datang bersama keluarga.

Untuk itu menurut Fendi pihaknya menyarankan kepada Pemkab Inhu agar berbagai fasilitas wisata dapat dilengkapi di danau Raja mulai dari arena bermain anak sampai lokasi shoping dan juga untuk kuliner lainnya. Demikian juga untuk kebersihan danau yang sudah dikenal dimana-mana untuk dapat lebih dijaga lagi.

Danau Raja yang memiliki ukuran sekitar 2,5 tersebut hingga saat ini belum diketahui berapa kedalamannya dan juga sumber airnya seperti apa. Disekitar danau Raja ini para pengunjung juga dapat menyaksikan duplikat bangunan kerajaan Indragiri yang berdiri dengan megahnya.

Pada lebaran kelima keenam dan seterusnya danau Raja sudah tampak sepi hanya dikunjungi beberapa orang masyarakat setempat pada sore hari dalam aktivitas memancing dan jalan-jalan.

Hendri salah seorang pedagang minuman dingin saat di konfirmasi Pelitariau Sabtu, (16/07) di lokasi danau Raja  mengaku sejak lebaran kedua danau Raja dapat mengahasilkan rezeki lumayan dari penjualan beraneka ragam minuman dingin, kerena banyak wisatawan yang berkunjung. Namun saat ini (Sabtu, red) kembali pendapat seperti semula dan jauh berkurang dari pendapatan saat lebaran. (afif)