Al-Quran Surat Al-Naziat Dari Ayat 6 Tentang Padang Mahsyar

Selasa, 12 Juli 2016

Ilustrasi

Padang Mahsyar, tempat berkumpulnya manusia di hari kiamat. Mungkin hal tersebut seringkali kita dengar ketika seseorang membuat ceramah mengenai hari akhir dan apa yang akan terjadi ketika kiamat telah tiba dan dunia telah kembali hancur menjadi bukan apa-apa. Yang selalu diceritakan adalah bahwa padang Mahsyar merupakan sebuah tempat dimana akan sangat banyak makhluk hidup baik itu jin, malaikat, manusia, bahkan hingga hewan yang akan berkumpul di tempat tersebut, bahkan hingga titik dimana mereka berdesak-desakan.

Sering sekali mungkin kita mendengar tentang Padang Mahsyar yang menjadi tempat dibangkitkannya manusia dan segala macam makhluk hidup lain yang ada di alam semesta. Kondisi makhluk hidup pada saat itu amat sangat tidak teratur, dimana mereka akan semua berkumpul bahkan berdesakan untuk menunggu giliran mereka untuk diadili segala dosa dan pahala mereka selama hidup di dunia yang fana dan hanya sementara.

Pemandangan Padang Mahsyar dan dalil mengenai padang tersebut dapat dilihat melalui surat Al-Nazi’at dari ayat 6 hingga ayat 14. Intisari dari banyak ayat tersebut adalah bagaimana kiamat terjadi yang dimulai dengan tiupan pertama sangkakala yang akan langsung mengguncang seluruh alam, mematikan semuanya yang memiliki nyawa. Setelah itu, tiupan kedua akan terjadi dimana manusia semua akan dihidupkan dan keluar dari kuburnya masing-masing, lalu mereka semua akan kembali dihidupkan. Ketika mereka menyadarinya, mereka sudah ada di permukaan bumi yang putih rata, menandakan bahwa padang Mahsyar adalah sebuah tempat dimana pemandangan pasirnya berwarna putih.

Kejadian yang terjadi pada seseorang di Padang Mahsyar, tempat berkumpulnya manusia di hari kiamat akan berbeda-beda bagi tiap-tiapnya tergantung bagaimana mereka selama ini hidup di dunia. Yang pasti adalah orang tua tak akan lagi mengenali anaknya dan hal yang sama juga terjadi mengingat semua orang akan terlalu sibuk dengan urusan mereka masing-masing nantinya. Pada hari tersebut juga matahari akan diletakkan hanya 2 busur di atas kepala manusia yang menyebabkan keringat mereka mengucur deras. Tergantung bagaimana derajat mereka di mata Allah, keringat tersebut bisa saja hanya menggenang dan bahkan hingga menenggelamkan mereka.

Bagi mereka yang dinilai sebagai orang yang benar-benar beriman, maka Nabi Muhammad SAW akan memberi syafaat di padang Mahsyar. Ada 3 syafaat yang akan diberikan oleh Rasul yang menutup sejarah para nabi dan rasul tadi, yaitu:

Bisa masuk langsung ke surga tanpa melalui hisabAkan diberikan tambahan bobot untuk pahala agar bisa lebih berat dibandingkan dosa Pembicaraan untuk memasuki surga dibuat menjadi lebih cepat dan jauh lebih mudah


Untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad tersebut juga tidak terlalu sulit apalagi bila kita tergolong dalam orang-orang yang beriman. Menurut apa yang diajarkan, agar seseorang bisa menerima syafaat dari Nabi Muhammad maka seseorang harus sering memanjatkan shalawat maupun dzikir untuk Nabi Muhammad SAW. Sebelum terlambat, ada baiknya kita kini memperbanyak shalawat dan dzikir yang selama ini kita lakukan agar Nabi Muhammad SAW juga tidak keberatan untuk memberikan syafaat kepada kita.

Itulah yang akan terjadi ketika kiamat tiba, mulai dari tiupan sangkakala pertama hingga akhirnya seluruh mereka yang bernyawa dan hidup di semesta akan dikumpulkan di Padang Mahsyar, tempat berkumpulnya manusia di hari kiamat.**Dr