Hewan Kurban di Inhu Sebanyak 1.510 Ekor

Rabu, 01 Oktober 2014

ilustrasi

PELITARIAU, Rengat-Menurut data Dinas Peternakan Inhu jumlah hewan kurban dalam tahun 2014 hingga Senin (29/9) lalu permintaannya sudah mencapai 1.510 ekor. Data tersebut bisa saja berubah sebab masih ada beberapa hari lagi menjelang Idul Adha.

 

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Inhu, H M Sadar kepada wartawan mengatakan bahwa jumlah peserta kurban di Inhu meningkat. Sehingga permintaan hewan kurban juga meningkat.

 

"Untuk Inhu data sementara diperkirakan sekitar 1.510 ekor hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha nanti. Dengan hewan yang akan disembelih berupa sapi, kambing dan kerbau,”jelas M. Sadar.

 

Dikatakan M Sadar, jumlah peserta kurban pada tahun ini, mengalami peningkatan sekitar 10 persen dibanding tahun lalu. Diperkirakan peserta kurban tahun ini sebanyak 5.920 orang.

 

Selain itu sebutnya, Dinas Peternakan juga akan melakukan pengecakan langsung hewan kurban guna memastikan kesehatan hewan tersebut. Hewan kurban tersebut harus Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

 

"Seluruh Kepala UPT Peternakan yang ada disetiap kecamatan, begitu juga dengan dokter hewan sudah kita instruksikan untuk bekerja sama melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dibeli masyarakat", ujarnya.

 

Tidak hanya itu, M Sadar juga menginstruksikan UPTD Peternakan untuk melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen ternak yang diperjualbelikan oleh agen. (cr. rio)

 

Editorial: Rio Ahmad