Di Meranti Ada Sekolah yang Berdinding Papan dan Beratap Rumbia

Sabtu, 25 Juni 2016

SMA Negeri 1 Rangsang Lokal Jauh yang berlokasi di Jalan Taqwa Desa Penyagun Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti

PELITARIAU, Meranti- Inilah bentuk Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) Negeri 1 Rangsang Lokal Jauh yang berlokasi di Jalan Taqwa Desa Penyagun Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti. Kondisi Sekolah yang berdinding papan dan beratapkan rumbia tersebut sangat beda jauh dengan sekolah-sekolah pada umum, apalagi di era modern yang sangat canggaih saat ini.

 
Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa (Kades) Penyagun Muhammad Nur, Saat berbincang-bincang bersama Pelitariau.com, mengatakan dengan berdirinya sekolah yang berdinding papan dan atap rumbia ini bisa dapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti. 
 
"Karena kalau kita lihat sangat sedih sekali, sekolah SMA dengan dinding papan dan beratapkan rumbia. Karena zaman sekarang ini sudah majukan, tidak wajar ada sekolah semacam itu. Oleh karena, dengan adanya itu untuk laluan kami di desa untuk menampilkan kalau desa kami sangat sungguh-sungguh untuk memprioritaskan pendidikan," terang Kades.
 
"Bayangkan sajalah pak, kalau anak yang tamat SMP atau MTS di Desa ini, apabila untuk melanjutkan pendidikan lanjut, harus pergi ke Tanjung samak dengan kendaraan dan jalan yang cukup parah. Kalau mau ke Selatpanjang, keadaan ekonomi disni kebanyakan masyarakatnya sulit semua," tambahnya. 
 
"Maka dari itulah, dengan adanya sekolahan disini, walaupun sesusah apapun orang tuanya, tapi masih bisa pergi ke sekolah," tambahnya kembali. 
Selain itu, dengan adanya sekolah tersebut, dirinya mengharapkan agar Pemkab Kepulauan Meranti memperhatikan lebih terhadap sekolah yang berdiri di Desa Penyagun. "Supaya Kepala Dinas Pendidikan dalam hal ini agar dapat meninjau dan dalam tahun ini agar membantu kesekolah ini, supaya anak-anak kita tidak terombang-ambing dan tidak sampai putus sekolah," harapnya.
 
Sebelumnya, Kades M Nur juga mengatakan kalau gedung sekolah yang saat ini berdiri d era kepemimpinannya. Tetapi, sekolah tersebut sudah berdiri saat kepempinan Kades sebelum dirinya menjabat. "Waktu itu sekolah ini numpang di gedung MTS yang ada di Desa Penyagun selama 4 tahun," katanya.
 
"Sedangkan terkait bahan bangunan untuk bangunan dari papan dan atap dari rumbiaa itu merupakan ide dari pihak sekolah dan pihak Desa, tapi yang palling kuat dari pihak sekolah," tambahnya.***