Jokowi Ngaku Tak Main-main Targetkan Harga Daging Rp80 Ribu per Kg

Selasa, 21 Juni 2016

Daging sapi di pasaran

PELITARIAU, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak main-main dengan target penurunan harga daging sapi di pasaran hingga dapat menyentuh Rp80 ribu per kilogram (kg). Target tersebut diakuinya telah melalui proses kalkulasi matang.

Dia mengaku telah mendapatkan laporan langsung bahwa harga daging di negara tetangga hanya Rp55 ribu-Rp60 ribu per kg. Karena itu, setelah mempertimbangkan maka harga Rp80 ribu per kg cukup masuk akal untuk Indonesia.

"‎Saya sampaikan bolak balik, negara lain harga daging bisa Rp55 ribu sampai Rp60 ribu per kg. Saya dapat invoice langsung. Mustinya kita mengarah ke sana," katanya di Peternakan Sapi Rumpin, Bogor, Selasa (21/6/2016) sebagaimana diberitakan sindonews.com

Menurutnya, target agar harga daging bisa menyentuh Rp80 ribu per kg tidak terlalu berat. Pasalnya, target tersebut masih jauh di atas harga daging yang dijual di beberapa negara.

"Sehingga saya menyampaikan, (harga daging) Rp80 ribu per kg itu bukan tidak dikalkulasi. Dengan kalkulasi. Itu pun ada pada posisi di tengah. Negara lain harganya seperti itu," imbuh Jokowi.

Mantan orang nomor satu di DKI Jakarta ini meyakini, dengan kerja sama yang baik antara pemerintah, BUMN, dan swasta maka target harga daging Rp80 ribu per kg dapat tercapai.

"‎Harus dikejar. Dan saya kira sekarang ini ada BUMN dan swasta, 10 perusahaan BUMN bergerak di pasar, mereka akan ketarik dan pelan-pelan ketarik turun. Nyatanya swasta dan BUMN jual harga daging Rp70 ribu sampai Rp80 ‎ribu per kg bisa kok," pungkasnya.**