Apa Tanggapan Kabid Kominfo Meranti Terkait Pembangunan Jaringan Optik Bawah Laut di Meranti

Jumat, 17 Juni 2016

Kabid Kominfo Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Kepulauan Meranti Syaiful Ikram

PELITARIAU, Batam- Terkait pembangunan jaringan kabel serat optik telekomunikasi di sepanjang pesisir Selat Malaka mulai wilayah Riau hingga Kepulauan Riau (Kepri) yang disebut proyek palapa ring Barat itu oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dari Pemerintah Pusat.

 
Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Kepala Bidang (Kabid) Kominfo Syaiful Ikram mengatakan, jika proyek Palapa Ring Barat ini tuntas, tentu sangat membantu jaringan komunikasi masyarakat Meranti terutama di pulau-pulau terluar. 
 
"Kita maklumi jaringan telepon dan internet di pulau terluar masih sangat kurang. Bahkan ada desa yang tidak tersentuh signal telepon seluler sama sekali," jelasnya, disela-sela usai pertemuan Sosialisasi pembangunan jaringan Palapa Ring Barat oleh Menkominfo Rudiantara.
 
"Mudah-mudah dengan proyek ini seluruh wilayah Meranti ter-cover jaringan telekomunikasi karena kita juga mendapat bantuan pembangunan menara komunikasi dari Kominfo," harapnya, pada Rabu (14/6) di Kantor Walikota Batam di Batam Center. 
 
Sebelumnya, Syaiful juga telah menjelaskan bahwa pihak Kominfo akan segera ke Meranti akhir bulan ini. Nantinya di sekitar wilayah Alah Air akan dibangun Network Operation Center (NOC). 
 
"Mereka butuh lokasi di dekat laut. Nah, kita akan tunjukkan di wilayah Alah Air karena lahan yang berdekatan laut tersedia di sana" ungkap Syaiful.
 
"Nanti mereka bangun kantor untuk mengelola jaringan tersebut. Kan kabelnya melalui laut," ungkap kembali.***