Tahun Ini, Meranti Dapat Bantuan Rumah Layak Huni Dari Kemensos

Rabu, 08 Juni 2016

Logo Kemensos RI

PELITARIAU, Meranti- Di tahun 2016 ini, Kabupaten Kepulauan Meranti mendapatka bantuan rumah layak huni sebanyak 34 unit dari Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

 
Bantuan tersebut nantinya akan di peruntukan bagi masyarakat pedalaman (Suku Akit, red) yang ada di Kabupaten termuda di Provinsi Riau.
 
"Tahun 2016 ini kementerian sosial RI akan menyalurkan sebanyak 34 unit rumah. Sedangkan program bantuan rumah dari Kementerian sosial ini sudah berjalan tahun sebelumnya (2015, red) dengan jumlah sebanyak  51 unit," terang Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Meranti Izhar melalui Kepala Bidang sosial Mahdi, pada Selasa (07/06/16) kemarin. 
 
Selain itu, dirinya juga mengatakan yang mendapatkan program pemerintah tentang rumah layak huni tersebut didominasi untuk suku akit yang berada di Kabupaten Meranti. "Program bantuan ini tak lain adalah sebagai bentuk pemberdayaan suku akit yang ada di Meranti, yang merupakan komunitas adat terpencildengan," jelasnya.
 
"Adapun ciri-cirinya yakni akses yang ditempuh begitu sulit, tata cara hidup mereka masih primitif dan juga sarana komunikasi agak sulit terjangkau," tambahnya, tentang ciri-ciri suku akit yang ada di Meranti.   
 
Terkait hal tersebut, Mahdi juga berharap dengan adanya bantuan rumah layak huni ini nantinya, masyarakat yang mendapatkan dapat berkomunitas hidup antar sesama dan saling bergotong royong.***