Kecamatan Kuba Raih Juara Umum, Plt Sekda Tutup MTQ Ke XIII Tingkat Kabupaten Rohil

Kamis, 26 Mei 2016

Plt Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan menyerahkan piala bergilir MTQ Ke XIII tingkat Kabupaten Rohil, kepada Kecamatan Kubu Babussalam

PELITARIAU,ROHIL- Plt Sekda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) secara resmi menutup acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XIII Tingkat Kabupaten Rokan HIlir, rabu malam (24/5). Pada ivent tahunan tersebut, Kecamatan Kubu Babussalam berhasil meraih gelar juara umum dan mengalahkan 17 kecamatan lainnya.

 

Plt Sekda Surya Arfan dalam sambutan menyampaikan, alhamdulilah penutupan MTQ Ke XIII 2016 berjalan dengan lancar, dan kecamatan Kubu Babussalam raih juara umum ajang MTQ tingkat Kabupaten Rohil ke XIII. Kita berharap pelaksanaan MTQ yang kita laksanaan lebih kurang selama 5 hari ini mendapatkan hasil qori dan qoriah yang terbaik, tentunya diperlombaan dijinjang tingkat provinsi maupun nasional.

 

Menurut Surya Arfan, kalau kegiatan MTQ yang dilaksanakan ini bukan hanya sekedar kegiatan yang hanya untuk menghabiskan anggaran. Karena dari kegiatan ini Pemkab Rohil ingin mencari Qori dan Qoriah yang terbaik dalan ajang MTQ tingkat Provinsi.

 

"pada MTQ Rohil ke XIII tingkat Kabupaten Rohil tahun ini keluar sebagai juara umum Kecamatan kubu Babussalam, juara II Kubu, Juara III Tanah Putih, juara harapan I Pujud, Juara harapan II Bangko, juara harapan III Balai Jaya, juara harapan IV Bagansinembah, juara harapan V Batu Hampar, juara harapan VI Tangjung Medan dan juara harapan VII Tanah Putih Tanjung Melawan,"kata Sekda.

 

Dari tahun ketahun, qori dan qoriah kita ada peningkatan, dan ini menunjukan Rohil memiliki pontensi qori dan qoriah yang cukup handal, walapun mereka belum dibina secara baik. kita juga menghimbau kepada LPTQ kabupaten maupun LPTQ kecamatan terus melakukan pembinaan qori dan qoriah kita. Untuk melakukan pembinaan qori dan qoriah tentunya harus miliki dana.

 

"penyelenggara MTQ untuk meningkatkan ukuwah islam serta untuk meningkatkan perestasi cabang-cabang tilawah di Negeri Seribu Kubah ini. Peserta tidak hanya bisa baca quraan, bahkan peserta harus bisa mengamalkan dan memahami di dalam isi kandungan ayat al quraan untuk dikehidupan sehari. Dan tidak lupa juga para qori dan qoriah jangan berakhir disini saja. Bagi yang menang jangan cepat berpuas diri, dan yang belum berhasil agar tetap semangat,"harap Plt Sekda.

 

lanjut Surya Arfan, yang menjadi kebaggaan kita pada tahun ini, seluruh peserta MTQ yang berada laga di tingkat kabupaten rata-rata seluruhnya putra/putri Rohil, yang berasal dari masing-masing 18 kecamatan.

 

Kepada qori dan qorian yang meraih juara selamat dan mendapat prestasi dapat mempertahankan dan bisa mengikuti MTQ tingkat Provinsi. (Jarmain Adv/Pemkab)