Meningkatkan Ajang Silaturahmi Ukhuwah Islam, Bupati Suyatno Buka MTQ Ke XIII Di Bagansiapiapi

Jumat, 20 Mei 2016

Bupati Rohil H Suyatno, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Wakil Ketua DPRD Abdul Kosim SE, Perwakilan Kemenag Riau, anggota DPRD Riau Siswaja Mulyadi, wakil Bupati Rohil terpilih Drs Jamiluddin, menetkan tombol sirinai, tertanda pembukaan MTQ tingkat Kbaupaten X

PELITARIAU,ROHIL- Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno Amp secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), tingkat kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ke XIII yang dilaksanakan di taman Budaya Batu Enam, di Bagansiapiapi. 

 

MTQ tersebut diikuti 480 peserta yang tersebar di 18 kecamatan. Ajang religi tersebut  akan berlangsung hingga 25 Mei 2016 mendatang.

 

Dalam sambutannya, Bupati Suyatno mengatakan, ajang MTQ yang setiap tahunnya dilaksanakan di Kabupaten Rohil tersebut bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi ukhuwah islamiyah dalam membentuk masyrakat yang sejahtera, rukun dan damai.

 

Selian itu, MTQ tersebut juga bisa dijadikan sebagai daya dorong yang kuat dalam memacu pembangunan khususnya di sektor keagamaan. "Dengan begitu, hubungan keagamaan antar umat islam dinegeri seribu kubah ini bisa terjaga dan terjalin dengan baik," ujarnya.

 

Ia mengatakan untuk membangun suatu daerah tentunya harus menumbuhkan kekompakan tanpa ada membedakan suku, ras dan agama. Untuk itu, dengan iven MTQ ini diharapkan hubungan antar umat beragama baik itu muslim maupun non muslim bisa tetap terjaga dengan baik dinegeri yang kita cintai ini.

 

"Jangan sampai di daerah kita ini terjadi sifat mengadu domba antar agama satu dengan agama yang lainnya, karena dampaknya sangat fatal bagi kita semua," ungkapnya.

 

Dalam Pembukaan MTQ rohil ke XIII tingkat kabupaten itu Bupati Suyatno juga menyerahkan piala bergilir yang sebelumnya dipegang oleh kecamatan Pujud kepada ketua dewan hakim yakni H Ali Asfar S Sos Msi. Ia juga berpesan kepada dewan hakim untuk netral dan bijaksana dalam memberikan nilai kepada peserta.

 

"Nerikan nilai sesuai dengan kemampuan peserta, jangan sampai dewan hakim bermain curang dengan memihak kepada salah satu peserta," pesannya.

 

Pembukaan MTQ Rohil XIII itu diawali dengan penekanan Tombol serine oleh Bupati Suyatno didampingi ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan, wakil ketua DPRD Rohil Abdul Kosim SE, kakan kemenag Propinsi Riau,serta  Wakil Bupati rohil terpilih Drs Jamiluddin.

 

Sementara pemukulan beduk dilakukan oleh Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi, Kapolres Rohil AKBP Hendri Posma Lubis Sik, Dandim 0321 rohil Letkol Bambang Sukisworo, Asisten III Bidang Kesra H Ali Asfar S Sos Msi, dan pejabat penting lainnya.***Jr