Harga Minyak Dunia Lanjutkan Penurunan

Jumat, 20 Mei 2016

dok

PELITARIAU, Jakarta – Harga minyak mentah dunia melanjutkan penurunan pada perdagangan Kamis 19 Mei 2016, karena potensi kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS).

Dilansir CNBC, Jumat 20 Mei 2016, minyak mentah AS untuk kontrak pengiriman Juni turun 0,1 persen atau tiga sen menjadi US$48,16 per barel.

Sementara itu, minyak mentah Eropa, Brent, untuk kontrak pengiriman Juli turun delapan sen ke level US$48,85 per barel.

Harga minyak turun karena ekspektasi kenaikan suku bunga AS membuat nilai mata uang dolar menguat. Namun, di Eropa harga minyak dipengaruhi kekhawatiran suplai minyak berhenti di terminal utama minyak mentah Nigeria.

Terminal minyak Nigeria, Qua Iboe, yang mengekspor minyak 300 ribu barel per hari, dilaporkan ditutup karena ancaman dari militan. Terminal yang dioperasikan oleh ExxonMobil itu, telah mengevakuasi para pekerjanya dan mengosongkan tangki-tangki minyak.

Sementara di AS, jumlah pengiriman minyak mentah naik 3,6 persen pada bulan lalu, dibanding satu tahun lalu menjadi 19,7 juta barel per hari. Ini merupakan jumlah pengiriman tertinggi pada April dalam delapan tahun, menurut laporan American Petroleum Institute.**