Sagu Meranti Siap Pecahkan Rakor MURI Untuk Pasar Dunia

Kamis, 19 Mei 2016

Wabup Meranti H Said Hasyim Saat Menghadiri Acara Rapat Koordinasi DPD APJI Riau Dengan Pemkab Meranti

PELITARIAU, Pekanbaru- Pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Provinsi Riau bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti telah melaksanakan rapat persiapan tentang Sagu Meranti pecahkan Rakor MURI untuk Pasar Dunia, acara berlangsung di Hotel Mutiara Merdeka Jalan Riau Pekanbaru

 

Rapat tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) H Said Hasyim, Kadishutbun Mamun Murod, Sekretaris DPPKP H Sihana, Ketua DPD APJI Riau Afrinaldi beserta pengurus APJI, Kabag Humas, DPP APJI Pusat Bambang, Ketua DPC APJI Kepulauan Meranti Aprizal beserta pengurus DPC APJI dan lainnya.
 
Wabup H Said Hasyim mengatakan rapat ini kita belum bisa mengambil langkah terbaik untuk menyepakati hal tersebut, karena rapat tersebut tidak dihadiri Dinas di lingkungan Provinsi Riau terkait acara rapat Rakor Muri Sagu Meranti tersebut.
 
"Nanti kita undang lagi Dinas Provinsi Riau terkai agar ada jalan titik pastinya
untuk acara rakor MURI tersebut sesuai dengan apa yang kita sepakati bersama Gubri Arsyadjuliandi Rachman waktu kemarin," kata Said Hasyim, pada selasa (17/5) malam.
 
Mantan Sekda Siak ini juga menambahkan, kami dari Pemkab Meranti hanya sebagai faktor pendukung saja dalam pameran tersebut, sehingga nantinya kita harapkan makanan khas sagu tersebut bisa mecahkan rakor MURI di tingkat Nasional nantinya.
 
"Saya mengharapkan sebelum acara rakor MURI  bulan oktober nanti,yang jelas kita minta sebaik mungkin dalam hal persiapan untuk di cari solusi agar Provinsi Riau mendapatkan MURI terbaik tingkat Nasional nantinya," harapnya.
 
Sementara itu, dari hasil pemaparan rapat itu salah satunya, H Sihana mengatakan kita baru terkumpul jenis masakan sagu meranti sekitar 148 jenis masakan sedangkan permintaan DPP APJI Pusat sekitar 350 jenis bahan makanan sagu.
 
"Kami akan berupaya dan bekerja sama dengan DPC APJI Kabupaten Meranti untuk bisa mengumpulkan jenis bahan makanan sebanyak tersebut. Dan kita sudah menyampaikan ke seluruh masyakarat Kabupaten Meranti untuk bisa mencari hal terbaik untuk jenis makanan sagu tesebut," kata Sihana.
 
Begitu juga tanggapan dari Kadishutbun M Murod mengatakan harus saling berkoordinasi dan mematangkan untuk beraneka ragam masakan sagu Meranti nantinya misalnya cendol sagu, mie sagu, keripik sagu dan sempolit.
 
"sekarang ini kami sudah mematangkan sagu diproses menjadi gula cair dan Alhamdulillah berhasil," katanya.***