Di Pelalawan Dibutuhkan Sebanyak 1.175 Ekor Hewan Kurban

Ahad, 28 September 2014

Sapi kurban

PELITARIAU, Kerinci – Stok kebutuhan hewan kurban bagi masyarakat di Kab. Pelalawan aman. Sehingga sebanyak 1.175 ekor untuk kurban seperti Sapi, kambing dan kerbau tersedia.

 

"Untuk hewan kurban kita sudah menyediakan stoknya, sehingga sampai hari H nanti insya Allah kita tidak akan mengalami kekurangan hewan kurban di seluruh kecamatan," jelas Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Pelalawan, Ir Wahiduddin, Minggu (28/9). 
 

Selama ini sambungnya untuk mengetahui berapa kebutuhan hewan kurban yang diperlukan, jauh-jauh hari Dinas Peternakan sudah memberikan surat edaran kepada seluruh pedagang sapi terkait permintaan warga akan kebutuhan sapi untuk hewan kurban. Dari situ, baru diketahui jumlah kebutuhan hewan qurban yang dibutuhkan.

 

Sapi-sapi yang akan dijadikan hewan kurban sendiri, sambungnya, didatangkan selain dari Kabupaten Pelalawan sendiri juga ada yang dari Sumatra Barat dan Lampung. Dengan kata lain, ketersediaan ternak di Kabupaten Pelalawan sendiri hanya kisaran 26 persen.

 

Karena itu, untuk memenuhi ketersediaan 100 persen, pihaknya juga mendatangkan dari kabupaten lain seperti Siak, Kampar, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu.

"Sisanya didatangkan dari Lampung dan Pulau Jawa, dikarenakan adanya permintaan pasar yang beragam. Soalnya, pasar kan ada yang meminta jenis sapi Bali, sapi Brahman, PO dan lain-lain," katanya.

Ditambahkannya, saat hewan itu datang maka pihaknya langsung mengecek kondisi kesehatan hewan ternak itu. Hal ini bertujuan agar hewan-hewan ternak yang untuk dijadikan qurban adalah hewan ternak yang bebas dari penyakit sehingga bebas untuk di konsumsi.

"Dan tahun ini, peserta qurban menurun sekitar 5-7 persen dibanding tahun lalu yakni hanya sebesar 6.665 orang," tutupnya.(kor. htl)

 

Editorial: Rio Ahmad