Mengetasakan Kemiskinan, Abdul Kosim Saran Pemda, Anggaran Pembangunan RLH Dialih Ke UMK

Sabtu, 14 Mei 2016

Wakil Ketua DPRD Rohil, Abdul Kosim SE

PELITARIAU,ROHIL- Untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan ekonomi masyarakat golongan kebawah, Wakil Ketua I DPRD Rohil, Abdul Kosim, SE menyarankan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) setempat lebih baik mengalihkan anggaran pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) ke Usaha Kecil Menengah (UKM).

 

Menurut dia, Program RLH bukanlah mengentaskan kemiskinan atau meningkat ekonomi masyarakat golongan kebawah, melainkan membuat mereka bermalas-malasan.

 

“jika Rumah Layak Huni (RLH) diberikan kepada masyarakat yang tak mampu, itu bukan untuk mengentaskan kemiskinan melainkan tidak ada perkembangan ekonomi masyarakat. Jadi program itu tidak efektif," terang Abdul Kosim yang kerap disapa baru-baru ini digedung DPRD.

 

Coba bayangkan, lanjut pria yang biasa dipanggil Akos ini, anggaran untuk membangun 1 unit Rumah Layak Huni sebesar 80 juta, jika uang sebesar itu diberikan kepada masyarakat miskin untuk membuka atau membuat usaha seperti usaha perkebunan, pertanian dan perikanan pasti akan meningkat ekonomi masyarakat.

 

“Dengan meningkatnya ekonomi masyarakat yang dibantu, pasti mereka nantinya akan mampu membuat rumah yang layak. Tapi jika kita hanya membantu RLH aja, apa bisa ekonomi mereka meningkat. Pasti tidak”, papar Politisi Partai Gerindra ini.

 

Jadi dia berharap kepada Bupati Rokan Hilir, Suyatno untuk mengkaji ulang program RLH. Karena saran yang diberikan menurutnya sangat bisa meningkatkan ekonomi.***Jr