Pengukuhan Pengurus Apkasi, JK Minta Pemda Tingkatkan Kualitas Produk Lokal

Sabtu, 07 Mei 2016

Pengukuhan kepengurusan Apkasi periode 2015-2020

PELITARIAU, Jakarta- Dalam pengukuhan kepengurusan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk periode 2015-2020. Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla meminta pemerintah daerah (Pemda) agar dapat meningkatkan kualitas produk lokal agar mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 

 
"Produk yang bagus, harga murah dan pengerjaan cepat Kalau kita sudah memiliki tiga unsur itu, maka yakinlah produk-produk kita dapat bersaing dengan produk yang berasal dari luar negeri," ujar Wapres.
 
Wapres RI juga mengapresiasi para Bupati yang terus mengembangkan potensi sumber daya yang ada di daerahnya. Menurutnya, maju mundurnya negara amat tergantung pada unit-unit usaha yang dikembangkan di daerah. 
 
Karena itu, upaya pengembangan unit-unit usaha di daerah harus terus didukung. Sehingga, kedepannya produk nasional bisa bersaing di tengah pasar ASEAN.
 
"Kalau selama ini kita menghasilkan padi atau jagung harus lebih baik kualitasnya dibandingkan yang lain, tapi harganya tidak terlalu mahal. Tanpa itu, kita akan dikalahkan dengan banyak negara lain," tuturnya. 
 
"Apalagi dengan struktur persaingan pasar ASEAN, persaingan akan lebih besar lagi. Semua tergantung di daerah," tambahnya.***