Pemkab Rohul Mulai Lakukan Berbagai Persiapan di Desa BIM

Jumat, 26 September 2014

Kepala Dishutbun Rohul ikut menanam pohon di Desa Bukit Intan Makmur

PELITARIAU, PASIRPANGARAIAN - Sejumlah dinas terkait di lingkungan Pemkab Rokan Hulu (Rohul) mulai melakukan berbagai persiapan di Desa Bukit Intan Makmur (BIM), Kecamatan Kuntodarussalam. Persiapan itu untuk menghadapi Lomba Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Riau 2014.


Desa BIM merupakan pemenang pada Lomba P2WKSS tingkat Kabupaten Rohul beberapa lalu. Kini, desa itu dipercaya mewakili daerah di Lomba P2WKSS tingkat Riau tahun ini. Berbagai persiapan sudah dilakukan menjelang Tim Penilai datang ke desa itu diperkirakan pada 9 Oktober 2014 mendatang.

Seperti dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rohul, Kamis (25/9/14), dinas itu melaksanakan penghijuan di Desa BIM. Mereka menanam berbagai tanaman agar desa tersebut menjadi juara di lomba tingkat provinsi, seperti pohon mahoni dan lainnya, Seperti dilansir riauterkini.com.

Penanaman berbagai jenis tanaman penghijauan dilakukan di sepanjang jalan protokol di Desa BIM. Termasuk sejumlah fasilitas umum seperti SMP Negeri 7 Kuntodarusslam, SD Negeri 014 Kuntodarussalam, SMK LPMD, serta lingkungan Kantor Desa setempat.

Kriteria penilaian Lomba P2WKSS Riau mengarah terhadap kegiatan peranan perempuan, seperti prilaku hidup bersih dan sehat serta kebersihan lingkungan masyarakat.

Kepala Dishutbun Rohul Sugiyarno mengatakan tujuan dari penghijuan di Desa BIM adalah untuk menghadapi Lomba P2WKSS tingkat Riau.

"Pohon yang kami tanam ini kebanyakan mahoni," kata Sugiyarno kepada wartawan di sela-sela kegiatan penghijauan di Desa BIM.

Sementara itu, Kepala Desa BIM Ponimin mengakui selaku tuan rumah pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Seperti membersihkan lingkungan, kesiapan masyarakat dan perbaikan sejumlah sarana dan prasarana di desanya.

Ponimin mengatakan, dalam waktu dekat, sebelum Tim Penilai dari P2WKSS datang ke desanya, masyarakat akan dilibatkan untuk melakukan gotong royong bersama. Salah satunya, yakni membersihkan areal pekarangan rumah warga di sepanjang jalan protokol. ( PR-cr.Ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha