Hari Buruh Nasional, Para Supir Membuat Organisasi Naungan

Selasa, 03 Mei 2016

Ilustrasi

PELITARIAU, Rengat - Bersamaan dengan peringatan hari buruh tahun 2016, sedikitnya 121 orang pengemudi dari berbagai kendaraan, organisasi pengemudi yang diberi nama Ikatan Pengemudi Indragiri Hulu (IPIH). Pada rapat pembentukan pengurus terpilih Rafki Indra Sugandi S.Sos secara aklamasi sebagai Ketua IPIH Kabupaten Inhu periode 2016 - 2020.

 

Organisasi IPIH dibentuk oleh kumpulan para supir yang mayoritas supir truk CPO dengan maksud sebagai tempat bernaung. “Selama tidak ada tempat bernuang untuk menyampaikan aspirasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang lakukan para supir,” ujar Darmawan salah seorang supir truk CPO yang dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum, Senin (2/5).

 

Menurutnya, organisasi supir ini perlu dibentuk sebagai salah satu ajang untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi. Bahkan, organisasi ini sangat penting ketika para supir dihadapkan oleh berbagai permasalahan.

 

Selama ini sebutnya, para supir lebih banyak dihadapkan dengan permasalahan ditempat bekerjanya. Dimana, para induk semang tempat mereka bekerja, masih kurang memperhatikan kesejahteraan para supir.

Sehingga dengan kondisi itu tidak diperoleh rasa keadilan dalam menjalani pekerjaan. “Organisasi ini lebih mengarah kepada sosial dan ekonomi yang bersifat independen serta tidak mengarah kepada politik,” ungkapnya.

 

Untuk itu harapnya, dengan terbentuknya organisasi IPIH dapat mempercepat kemakmuran dan kesejahteraan para supir. Bahkan di tahap awal ini dapat menjadikan para buruh supir ini untuk dapat hidup layak. “Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan para supir dapat terwujud melalui organisasi ini,” harapnya.

 

Sementara itu Ketua Umum IPIH terpilih Rafki Indra Sugandi mengatakan, diawal terbentuknya organisasi ini akan berupaya membangun kemitraan yang kuat antara para supir dengan tempatnya bekerja. Sehingga dengan penguatan kemitraan ini akan terjalin hubungan baik.

Kedepan sebutnya, dari ratusan supir yang terbagung didalam IPIH akan bentuk koperasi supir. 

 

“Memimpin IPIH, saya dibantu seorang anak muda yang juga lulusan terbaik STIE Rengat yakni Alim Yansari SE dan dibantu para pengurus lainnya. Sehingga ketika dapat berjalan secara bersama-sama tentunya akan dapat mencapai tujuan yang diharapkan,” terangnya.*sry