Lakalantas, 19 Orang Meregang Nyawa Sepanjang Tahun 2016

Selasa, 26 April 2016

Ilustrasi

PELITARIAU, Rengat - Polres (Kepolisian Resort) Indragiri hulu (Inhu) mencatat, peningkatan kasus kecelakaan dibandingkan tahun 2015 lalu, mengalami kenaikan dalam daftar panjang kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Selama awal tahun hingga April 2016 ini saja, sebanyak 19 orang meninggal akibat kecelakaan di jalan raya. Bahkan sepanjang bulan April ini, terdapat sebanyak delapan orang meninggal dunia. 

“Jumlah meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan raya meningkat dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 15 orang,” ujar Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo Sik melalui Paur Humas Polres Inhu IPTU Yarmen Djambak, kepada Pelitariau.com Selasa (26/4). 

Menurutnya, kecelakaan di jalan raya yang menyebabkan meninggal dunia, pada pekan ini saja mencapai sebanyak dua orang. Belum lagi, korban kecelakaan yang mengalami luka berat dan luka ringan akibat kecelakaan tersebut. 

Dijelaskannya juga, kecelakaan yang terjadi di Jalan Lintas Tengah KM 269 Desa Bongkal Malang Kecamatan Kelayang Kabupaten Inhu pada Senin (25/4) sekitar pukul 16.00 Wib. Dimana pada sore itu terjadi kecelakaan antara sepeda motor jenis Honda Vario BM 5243 AU yang dikendarai Dian (20) yang berboncengan dengan Rangga (18) warga Dusun Batu Kerbau Desa Kelayang Kecamatan Rakit Kulim, digilas mobil Fuso Hino BM 8407 BG yang dikemudikan oleh Supenro (32) warga Jalan Seminai Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat. Akibatnya, penumpang sepeda motor (Rangga.red), tewas ditempat. Sementara pengemudinya (Dian.red) hanya mengalami luka ringan. 

“Pengendara sepeda motor Honda Vario datang dari arah Peranap menuju arah Air Molek. Ketika di KM 269, korban menabrak lubang hingga terjatuh dan terlempar ke kanan jalan arah Air molek. Dan tak terelakkan lagi, pada saat bersamaan datang Mobil Fuso Hino dari arah berlawanan,” ungkapnya.

Kuat dugaan, kecelakaan itu disebabkan karena kurang hati hati, dan ditambah lagi korban mengendarai kendaraan dalam kondisi kencang. Selain itu, jalan di daerah itu dalam kondisi lurus tetapi terdapat lubang. 

Untuk itu sebutnya, kepada pengguna jalan raya hendaknya tetap selalu waspada dan tetap memperhatikan rambu-rambu dan kondisi jalan. “Memang kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian dan kondisi jalan,” tutupnya.*sry