Lakukanlah 5 Hal Yang Bisa Menjaga Keharuman Bau Mulut

Kamis, 26 Desember 2013

PELITARIAU - Bulan penuh rahmah yaitu bulan puasa, seluruh aktifitas orang yang berpuasa bisa bernilai ibadah asalkan dikerjakan dengan iklas. namun tidak jarang saat orang yang sedang berpuasa mengeluarkan aroma  tidak sedap dari mulutnya.

Lakukanlah 5 hal yang bisa menjaga keharuman bau mulut saat berpuasa seperti dilansir blogspot.nl :

1.    Gosoklah gigi Anda secara teratur 2x sehari yakni setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa. Biasakan juga untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.


2.    Sebisa mungkin untuk tidak merokok atau mengkonsumsi alkohol karena kedua hal tersebut juga merupakan sumber bau mulut tak sedap. Konsumsi alkohol menyebabkan berkurangnya produksi air liur sehingga bau mulut semakin parah.


3    Perbanyak konsumsi makanan berserat yang mampu mengusir bau mulut seperti buah apel, bengkuang, atau wortel. Minum teh hijau juga mampu mengurangi bau mulut     yang tidak sedap karena mengandung bahan aktif catechin. Catechin mampu mengurangi plak dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.


4.    Sebisa mungkin hindari makanan dengan bau menyengat seperti durian atau jengkol ketika berbuka atau saat sahur


5.    Tingkatkan konsumsi air putih pada saat sahur dan berbuka. Hal ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Bau mulut pada orang yang sedang menjalankan ibadah puasa memang suatu keniscayaan. Namun dengan perawatan gigi dan mulut yang benar, menghilangkan bau mulut saat puasa bukanlah suatu hal yang mustahil.