Pemilihan Ketua Umum Golkar Direncanakan akan Berlangsung Tertutup

Selasa, 12 April 2016

dok

PELITARIAU, Jakarta – Sekretaris Steering Committee Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar, Agun Gunandjar, mengungkapkan bakal ada pertemuan pendahuluan (pra Munaslub), yang akan digelar sehari sebelum pelaksanaan Munaslub. Dia mengatakan langkah ini demi menyukseskan gelaran Munaslub Golkar.

"Munas kan digelar tanggal 7 Mei. Dibuka tanggal 7, pukul 7 malam oleh Presiden. Tapi karena satu hal dan sebagainya. Kita majukan sehari tanggal 6 untuk pra meeting," kata Agun di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin 11 April 2016 sebagaimana diberitakan Viva.co.id

"Supaya lancar, setelah dibuka kita tak ingin ada risiko, karena baru dipaparkan. Kalau sudah dibuka resmi, sudah dipaparkan lebih enak.”

Pra meeting atau pra Munaslub tersebut akan diisi dengan pemaparan sejumlah materi dan pembagian komisi serta lain sebagainya.

"Jadi tanggal 7 dibuka, tanggal 8 bisa fokus sidang komisi. Termasuk sidang-sidang Munaslub lainnya. Malam berharapnya sudah tahap pencalonan dan pemilihan, sudah ada yang terdaftar, sudah sosialisasi pula," ujar Agun.

Nantinya, para voter atau pemilih bisa menggunakan haknya untuk memilih calon ketua umum dengan cara pengambilan suara layaknya pemilihan pada umumnya. "Masing-masing voter datang ke bilik suara secara tertutup untuk memilih, jadi fair. Karenanya tak akan ada lagi voter yang terbebani, tertekan, terintimidasi, karena umum, bebas, rahasia," terang dia.

Usai itu, tanggal 9 diharapkan, Munaslub sudah bisa masuk tahap pengesahan dan termasuk pengukuhan calon ketua umum Golkar yang baru. "Tanggal 9 pagi itu diharapkan sudah ada pengesahan-pengesahan Munaslub, termasuk pengukuhan ketua umum terpilih," kata dia**