Jufrizal: 25 Mei Mubes Pembentukan Roteng Akan Digelar Diujung Tanjung, 3000 Undagan Akan Disebar

Selasa, 12 April 2016

Anggota DPRD Rohil, Jufrizal

PELITARIAU,ROHIL- Kabupaten Rokan Hilir yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkalis kini mulai mencuat wacana pemekaran. Rohil sebagai kabupaten induk yang nantinya akan melahirkan dua kabupaten yaitu Kabupaten Rokan Tengah dan Kabupaten Kubu.

 

Kini pembentukan Kabupaten Roteng itu bakalan akan mengelar Musyawarah Besar (Mubes) yang akan di gelar di Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih. Dalam Mubes tersebut, 3000 undagan akan kita siapkan termasuk undagan Bupati,Wakil Bupati, Sekda,Asisten Kepala Dinas/Badan, Kapolres,Damdim,Kejari, Tokoh Masyarakat serta seluruh masyarakat Rohil. 

 

Demikian disampaikan anggota DPRD Rohil Jufrizal saat di konfirmasi wartawan Pelitariau.com, senin (11/4) di kantor DPRD Rohil. Jelas Jufrizal, Mubes ini kemungkinan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2016 mendatang di Ujung Tanjung. Pada mubes nanti pada tanggal 25 Mei diundang 3000 orang,”Ucap Politisi Partai Golkar ini.

 

Terang Jufrizal, adapun tujuan pemekaran itu pemerataan pembangunan, tidak ada maksud jika kabupaten pecah maka kabupaten induk itu miskin. Makanya kita luruskan maksud pemekaran tersebut,"Sebutnya.

 

Tambah Jufrizal, saat ini pemerintah daerah Kabupaten Rohil sepakat untuk mendudukkan hal ini pada satu meja. Pemekaran Roteng ini prosesnya masih panjang, harus melengkapi naskah akademis sebagai kajian akademik. 

 

Adapun tujuan pembentukan Kabupaten Roteng ini bukan untuk memecah belahkan. Tujuannya hanya untuk kepentingan masyarakat. Artinya tidak ada kepentingan-kepentingan politik dalam pemekaran ini,"Sebut Jufrizal anggota Komisi C DPRD Rohil ini.

 

“Kita berharap kabupaten induk mendukung untuk proses ini. Apa lagi pemekaran ini memerlukan jangka waktu yang panjang, karena perlu melengkapi syarat-syaratnya terlebih dahulu. Setelah persyaratannya di berikan tentunya mereka di pusat akan meninjau, apakah layak atau tidak untuk dimekarkan,"papar Jufrizal.

 

lanjut Jufrizal, untuk pembentukan kabupaten Roteng ini, kita telah menemui beberapa tokoh dari provinsi termasuk H.Asri Auzar, Husaimi Hamidi, dan tokoh masyarakat Pujud H.Saleh Djasit yang juga mantan Gebernur Riau. Pada intinya, tokoh-tokoh itu mendukung selagi untuk kepentingan masyarakat.

 

makanya kita inggin meluruskan dengan pemekaran Roteng dan Kubu itu tidak membuat kabupaten induk miskin, itu tidak benar. Karena pemekaran tersebut gunanya untuk mengurangi beban kabupaten induk dalam memeratakan pembangunan daerah,”Tegas Jufrizal.

 

Lanjut Jufrizal, DPR RI telah memberikan lampu hijau tentang pemekaran wilayah dan mereka telah paripurnakan bahwa Provinsi Riau tersebut layak dimekarkan sekitar 20 kabupaten / kota. 

 

Sedangkan yang baru mendaftar baru 12. Belum termasuk roteng dan kubu. Ini kesempatan kita, Jik kalau kita tidak ambil kesempatan ini maka orang lain akan mengambil kesempatan ini,”bebernya menjelaskan.

 

“Intinya kita berharap kabupaten Roteng dan kubu ini terwujud. Masalah siapa yang inggin jadi Bupati itu nantilah.***Jr