Demi Memberantas Narkoba, Dandim Inhu pertaruhkan Jabatannya

Ahad, 10 April 2016

Dandim 0302 Letkol Inf Edison S Sinabutar

PELITARIAU, Rengat - Komandan Kodim (Dandim) 0302 Indragiri hulu (Inhu), Letkol Inf Edison S Sinabutar menegaskan bahwa dirinya siap mempertaruhkan jabatannya, dalam upaya memberantas Narkoba di tubuh TNI terutama di tubuh yang dipimpinnya saat ini.

Dari pantauan Pelitariau.com sabtu (9/4/2016), Dandim mengakui dihadapan ribuan masyarakat Inhu, di halaman kediaman Bupati bahwa pihaknya sudah melakukan tes urin terhadap seluruh anggota TNI yang bertugas di Kodim 0302 Inhu yang merupakan salah satu komitmen untuk mencegah aparat TNI menggunakan Narkoba.

"Saya tidak memandang siapapun, termasuk jika prajurit TNI ada yang terllibat narkoba, maka akan diambil tindakan tegas," ungkapnya.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah “Perang Terhadap Narkoba”, Panglima TNI Gatot Nurmantyo telah menginstruksikan untuk membersihkan pengaruh narkoba bagi personil TNI atau PNS TNI, dengan memberikan batas hingga bulan juni 2016, kepada seluruh Pangkotama dan Dansat akan diapresiasi jika mengungkap keterlibatan anggotanya baik pengguna maupun pengedar. Selanjutnya setelah bulan juni 2016, apabila masih ditemukan personil yang terlibat , maka Dansat harus bertanggung jawab dengan mempertaruhkan jabatannya.

Oleh karena itu, dikatakan Dandim dalam upaya memberantas pengguna maupun pengedar Narkoba di jajaran TNI, maka Komandan atau Pimpinan Satuan dapat melakukan langkah-langkah nyata diantaranya, meningkatkan pengawasan terhadap anggota di satuannya, dengan senantiasa mengetahui keberadaan dan kegiatannya di luar jam dinas.

Dandim juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memberantas Narkoba, seminimal mungkin memberikan laporan kepada aparat hukum, jika memang diketahui adanya peredaran Narkoba di daerah masing-masing, termasuk jika hal itu dilakukan oleh aparat TNI sekalipun.*sry