Ini Diskusi Islam dan Kepemimpinan, Dalam Forum LPIP Pekanbaru

Ahad, 10 April 2016

Turut hadir dewan pakar LPIP Prof. Afrizal dan Ustad Abdul Somad, tokoh politik Dr. Koko Iskandar, mantan Anggot DPR RI, mantan Anggota DPRD Siak, dan mahasiswa pasca sarjana.  Serta para intelektual Islam, beberapa di antaranya adalah profesor. Di antara

PELITARIAU, Siak- Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi diundang sebagai pembicara pada forum lembaga pengkajian ilmu ke islaman dan peradaban atau LPIP yang berlangsung di ruang rapat gedung Graha Pena Pekanbaru, sabtu (9/04/16) kemarin. Syamsuar diminta membagi pengalamannya dalam kepemimpinan pemerintahan.

 

Guru besar UIN Suska Riau Prof Dr Alaiddin Koto selaku ketua LPIP Riau saat membuka forum diskusi itu menyebutkan, bahwa forum tersebut sudah di mulai sejak dari bulan Februari lalu.

 

"Forum ini sudah di mulai sejak dari bulan Februari lalu, ini adalah diskusi yang ketiga berkaitan dengan ke-ummatan dan masalah kebangsaan,"kata Alaidin.

 

"LPIP adalah lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman dan Sosial Kemasyarakatan, yang bersifat Independen, adapun kepengurusan dan keanggotaan lembaga terdiri dari berbagai elemen masyarakat, baik dari cendikiawan muslim, politisi, tokoh masyarakat dan mahasiswa yang memiliki i’tikad baik untuk memberikan solusi pemikiran terhadap permasalahan keumatan dan kebangsaan Indonesia dalam persektif islam,"jelas Alaidin.

 

Ia mengaku cikal bakal lembanga (LPIP) ini adalah buah dari diskusi panjang dirinya dengan Bupati Siak Syamsuar beberapa waktu yang lalu. 

 

“saya sering diskusi ringan dengan pak Syam, kadang melalui sms, melalui telefon terkait masalah keummatan dan kebangsaan kita ini, beliau ini cukup intens dengan masalah tersebut. Makanya beliau ini kita undang pada forum ini,"terangnya.

 

"Tentu  nanti beliau sebagai pelaku dalam kepemimpinan pemerintahan kita akan minta pengalamannya  terkait diskusi kita pada hari ini Islam dan Kepemimpinan, Forum diskusi ini kita harapkan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap persoalan-persoalan bangsa dan ummat kita,"tangkas Alaidin.

 

Turut hadir dewan pakar LPIP Prof. Afrizal dan Ustad Abdul Somad, tokoh politik Dr. Koko Iskandar, mantan Anggot DPR RI, mantan Anggota DPRD Siak, dan mahasiswa pasca sarjana.  Serta para intelektual Islam, beberapa di antaranya adalah profesor. Di antara yang hadir adalah Prof Dr Sudirman M Johan MA, Prof Dr Afrizal MA, Prof Dr M Rafi’I Abduh MA, dan beberapa doktor.***dni.