Anak Ini Lahir Tanpa Anus, Yudi Warga Inhu Berjuang Jalani Hidup

Rabu, 06 April 2016

Yudi Haryanto (17), anak laki laki dari pasangan bapak Hendri Duncan dan ibu Nur'aini tersebut, lahir tanpa lubang anus.

PELITARIAU, Rengat - Yudi Haryanto (17), anak laki laki dari pasangan bapak Hendri Duncan dan ibu Nur'aini tersebut, lahir tanpa lubang anus. Meskipun begitu warga desa Bongkal Malang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragirihulu (Inhu) ini, tidak tinggal diam. Karena orangtua yudi membawanya kerumah sakit untuk menjalani operasi setelah dua hari yudi dilahirkan.

Kondisi ini dinamakan rectal malformation (penumpukan kotoran.red), seperti yang dialami oleh yudi merupakan kondisi langka dimana bayi lahir tanpa mempunyai lubang usus sehingga kotoran di dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan. Sang bunda mengatakan kecemasan tumbuh kembang anaknya, terlebih selama kehamilan beliau tidak mengalami kondisi abnormal.

"Saya tidak pernah menyangka bahwa anak saya mengalami kelainan, lahir tanpa lubang anus. Bahkan ketika melakukan pemeriksaan, tidak menemukan gejala apapun selama yudi masih di dalam kandungan," ungkapnya melalui telepon selularnya saat dikonfirmasi Pelitariau.com Rabu (6/4/2016).

Keputusan cepat orangtua yudi untuk operasi pada saat itu, dapat menyelamatkannya hingga sekarang. Operasi dengan menggunakan dana sendiri, yang dilakukan dengan cara membuat lubang anus dari pinggangnya,  kini ia dapat buang air secara normal.

Meskipun demikian, kebahagiaan kedua orangtua yudi tidak berlangsung lama, muncul rasa cemas kembali saat melihat anaknya seakan mati rasa ketika ingin buang air besar, sehingga kotoran yudi pun berceceran disekujur tubuhnya.

"Yudi nggak ingin dibilang jorok, ingin rasanya seperti anak yang lain, tetapi yudi malu karena terkadang kotoran itu tiba tiba keluar sendiri,"ungkap yudi  sambil meneteskan air mata.

Dikatakannya juga, kedua orangtuanya tidak mampu lagi membiayai pengobatan maupun biaya operasi, dengan kondisi pekerjaan orangtua yang hanya berdagang sayuran dipasar.

"Saya berharap ada uluran tangan dari pihak Pemerintah Daerah maupun dinas kesehatan, agar saya dapat dioperasi kembali dan dapat melakukan aktifitas sebagaimana mestinya," harap Yudi.

Sampai saat berita ini diterbitkan, tidak ada sumbangan dari manapun yang diperoleh keluarga yudi. Dan mereka pun bingung akan meminta bantuan kepada siapa.*sr.