Bupati Irwan Takjub Kedelai Tumbuh di Rangsang

Sabtu, 02 April 2016

Bupati Kepulauan Meranti H Irwan Nasir, saat menghadiri panen perdana 10 hektare kacang kedelai

PELITARIAU, Meranti– Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir heran bercampur takjub. Pasalnya, dirinya seakan tidak percaya bahwa di daerah yang dipimpinnya bisa ditanami kacang kedelai. Perasaan itu diungkapnya saat melakukan panen perdana 10 hektare kacang kedelai di Desa Tenggayun Raya Kecamatan Rangsang Pesisir.

"Ini di luar perkiraan ternyata kacang kedelai bisa tumbuh dengan baik di tanah gambut. Saya salut dengan semangat dan kerja keras masyarakat petani, juga Disnaktan Meranti dengan para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL)," ungkap Irwan, belum lama ini.

 
Serta, dalam hal tersebut pula, Bupati Irwan memuji kerja keras masyarakat setempat dan petugas dari Disnaktan. Dia mengintruksikan Disnaktan terus mendorong masyarakat memanfaatkan lahan-lahan yang belum tergarap untuk menanam kedelai, jagung, padi dan jenis tanaman lainnya yang sesuai dengan kondisi tanah.
 
"Di tengah anjloknya harga kelapa dan karet, tentu tanaman-tanaman seperti ini merupakan sebuah terobosan yang sangat sangat membantu perekonomian warga," ungkapnya. 
 
"Jadi ini harus terus didorong dan dibantu agar lahan-lahan yang belum tergarap itu bisa produktif," ungkapnya kembali.
 
Dalam kesempatan itu Bupati Irwan menyerahkan bantuan satu unit traktor, satu unit pompa air dan peralatan pengembangan tanaman jagung untuk 10 hektare dan kedelai untuk 10 hektare.***