Sekda Inhu Keluarkan SE Terkait Menurunnya Harga Minyak Dunia

Sabtu, 26 Maret 2016

H Agus Rianto

PELITARIAU, Rengat– H Agus Rianto SH, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) tentang belanja prioritas pada APBD Inhu tahun 2016.

Surat edaran tersebut sebagai tindak lajut atas dampak menurunnya harga minyak dunia yang berpengaruh pada penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH).

“Perlu disikapi dari awal atas dampak menurunnya harga minyak dunia ini. Sehingga belanja yang sudah dituangkan dalam APBD tahun 2016, harus memprioritas pembangunan skala prioritas,” ujar Sekdakab Inhu H Agus Rianto SH, Kepada Pelitariau.com, Sabtu (26/3/2016).

Sekda juga mengatakan, melalui Surat edaran tersebut diharapkan kepada masing-masing SKPD dapat memilih program yang prioritas untuk lebih awal dilaksanakan. Sehingga ketika masing-masing SKPD selesai memilah program prioritas, dilanjutkan dengan diskusi dan konsultasi bersama.

Dimana sebutnya, melalui pelaksanaan diskusi dan konsultasi tersebut, masing-masing SKPD dapat menyampaikan sejumlah program yang prioritas. “Surat edaran sudah disampaikan sejak dua hari lalu,” ungkapnya.

Untuk itu sebutnya, hanya masing-masing SKPD yang akan mengetahui secara detail tentang program yang sangat prioritas. Makanya, melalui diskusi dan konsulasi tersebut masing-masing SKPD dapat menyampaikan alasan dan tujuan dari program yang diajukan.

Usai pelaksanaan diskusi dan konsultasi terlaksana, baru akan dilajutkan dengan pelaksanaan belanja pembangunan tersebut. “Kepada SKPD juga diharapkan memulai langkah-langkah untuk pelaksanaan belanja atas program-program prioritas tersebut,” tambahnya.

Lebih jauh disampaikannya, sejumlah program-program yang tertunda dilaksanakan dengan harapan pada triwulan berikutnya masih dapat dilaksanakan. Namun demikian, tentunya berharap harga minyak dunia akan stabil dan tidak berdampak kepada penerimaan DBH.

“Mudah-mudahan program yang dinilai prioritas oleh masing-masing SKPD tetap bersentuhan langsung dengan masyarakat,” harapnya.**(surya)