Didukung Aklamasi, Abdul Kosim SH Ketua Apkasindo Dumai

Rabu, 23 Maret 2016

PELITARIAU, Dumai- Tokoh masyarakat Dumai Abdul Kosim terpilih secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Dumai. Pemilihan ini berlangsung di aula Dinas Perkebunan selasa (22/3/16). Usai terpilih, Abdul Kosim diminta untuk lebih memaksimalkan lagi peran Apkasindo di kota minyak itu.

"Dumai sebagai pintu gerbang Crude Palm Oil (CPO) di kawasan Riau pesisir mempunyai peran penting dalam industri sawit nasional. Tetapi ironisnya banyak hambatan dan tantangan yang di alami oleh petani sawit," kata Sekretaris DPW Apkasindo Riau Rino Afrino.

Karena itu, kehadiran Apkasindo dirasakan sangat perlu dan mendesak untuk membantu petani sawit Dumai menyelesaikan persoalannya yang selama ini dihadapi petani.

"Berharap tentunya dibawah kepemimpinan bapak Abdul Kosim Dumai menjadi pintu gerbang CPO. Untuk mewujudkannya, tentu harus ada sinergitas dari seluruh stake holder dengan tekad yang kuat," kata Rino.

Menurut Rino yang juga Wasekjend DPP Apkasindo, memajukan kesejahteraan petani kelapa sawit di Dumai tidak bisa ditunda lagi. Hal ini seiring dengan berkembangnya Dumai menjadi pintu gerbang ekspor CPO, dimana untuk hasil sawit Riau dan Jambi diekspor melalui pelabuhan Dumai.

Hal itu sangat mungkin terjadi, jika persoalan yang dihadapi petani kelapa sawit bisa diselesaikan. Karena itu, Apkasindo Dumai harus senantiasa turun ke lapangan, mendengar dan membantu keluhan petani dengan aksi nyata.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau melalui perwakilannya Kepala Seksi Pengembangan Usaha Perkebunan Sri Ambar Kusumawati, Kepala Dinas Perkebunan Kota Dumai yang diwakili Kepala Bidang Perkebunan Sartono, pengurus DPW Apkasindo Dalkaren Rusli.***(Zal)