Meranti Sertakan 136 Atlit Dalam POPDA Riau

Selasa, 23 September 2014

Ishak Izrai

PELITARIAU, Selatpanjang- Pemkab Kepulauan Meranti akan mengikutsertakan 136 atlet dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) se-Provinsi Riau Ke-12 di Pekanbaru 9 Oktober 2014 mendatang. Sejumlah cabang olahraga akan menjadi target unggulan untuk mendulang medali emas.

"136 atlet akan dikirim ke POPDA Riau ke-12. Kita optimis dapat meraih medali emas dari beberapa cabang olahraga unggulan, seperti Sepakbola, Sepaktakraw dan Bola Voli," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Ishak Izrai, di Selatpanjang, Selasa (23/9)

Prosesi pelepasan atlet, ungkapnya, direncanakan akan dilakukan pada tanggal 8 Oktober yang akan dilepas oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Masrul Kasmy. "Ada 180 orang dalam kontingen Kabupaten Kepulauan Meranti yang akan berangkat nantinya," sebutnya.

Pada POPDA kali ini, lanjut Ishak, Kontingen Pemkab kepulauan Meranti akan mengikuti 9 cabang olahraga, antara lain cabang Sepakbola 1 klub, Tenis Meja untuk Putra dan Putri sebanyak 10 orang. Kemudian Basket untuk Putra dan Putri 24 orang, Tenis Lapangan untuk Putra 5 orang, dan Silat dari Putra dan Putri 21 orang (11 Putra dan 10 Putri).

Selain itu, Pemkab Kepulauan Meranti juga menurunkan altet Bulu Tangkis sebanyak 5 orang, Cabor Atletik untuk Putra dan Putri sebanyak 12 orang, Sepaktakraw Purta dan Putri 17 orang, serta Bola Voli 20 orang (putra dan putri).

"Seminggu sebelum keberangkatan atlet, kita akan melakukan pemusatan latihan atau TC penuh, guna mematangkan persiapan," tutur Ishak lagi.

Ia menjelaskan, proses pemilihan atlet dilakukan berdasarkan pantauan dari beberapa kategori pertandingan. Seperti pemantauan selama kompetisi setiap cabang olahraga, kemudian berdasarkan rekomendasi dari pihak sekolah pelajar bersangkutan.

"Ada juga atlet yang ikut berdasarkan keinginan sendiri. Semuanya kita beri ruang untuk mengikuti seleksi. Artinya ini kita lakukan secara fair dan terbuka tanpa ada perbedaan," kata Ishak Izra (kor. nto)

 

Editorial: Rio Ahmad