Kossuma PD Salimah Rohil Gelar RAT Dan Penyuluhan PHBS

Sabtu, 19 Maret 2016

koperasi Syari'ah Serba Usaha Salimah (Kossuma) PD Salimah foot bersama, usai melaksanakan RAT dan penyuluhan PHBS

PELITARIAU,ROHIL- PD Salimah (Persaudaraan Muslimah) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), mengelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) oleh koperasi Syari'ah Serba Usaha Salimah (Kossuma), di rumah Tahfidz Jalan Sekip Kelurahan Bagan Timur,Kecamatan Bangko.

 

Hari ini kita mengadakan RAT ke-6 koperasi Syari'ah Serba Usaha Salimah (Kossuma) dan sekaligus mengadakan kerjasama dengan bidang kesmas seperti mengadakan penyuluhan PHBS. Penyuluhan itu sendiri, kita berikan kepada peserta kossuma dan kader Salimah serta juga mengundang kepada ibu-ibu,"Kata Ketua Kossuma PD Salimah Rohil Darmawati SH  , kepada wartawan Pelitariau.com, sabtu (19/3). 

 

Kata Darmawati, dalam Rapat anggota tahunan ini kita juga mengudang anggota Salimah yang lain simpatisan Salimah, supaya mereka itu tertarik dan bergabung ke koperasi Salimah. Koperasi Salimah ini sendiri sudah aktif selama 7 tahun, dimulai dari tahun 2009,"Katanya.

 

Untuk itu, anggota yang tergabung dalam koperasi Salimah kita bagikan 5 kelompok. Dalam tiap-tiap kelompok itu sendiri beranggota minimal 7 orang. Alhamdulilah jumlah keseluruhan anggota koperasi salimah itu sendiri bersekitar 80 orang.

 

"Kalau sekarang ini koperasi kita itu yang berada di Kabupaten khusus di kecamatan Bangko yang ada, kalau kecamatan yang jauhnya itu seperti Sinaboi dan Batu Hampar koperasi Salimah,"Terangnya.

 

Tambah, dalam RAT itu pengurus Koperasi PD Salimah juga memberikan bingkisan kepada anggota yang memberikan jasa yang banyak, yang berada di setiap kelompok.  

 

Sedangkan untuk penyuluhan PHBS itu sendiri, PD Salimah mengundang dari Dinas Kesehatan ibu Sri Hidayati M kes. Soalnya, PD Salimah itu sendiri miliki program, yakni Kesehatan Masyarakat (Kesmas). 

 

Lanjut Darmawati, dalam pemaparan meteri dalam penyampaian penyuluhan PHBS itu, ibu Sri Hidayati mengajak supaya menerapkan pola Prilaku Hidup Sehat dan Bersih. Contoh, menguras bank mandi, membuang bekas bekas kaleng dan menguburkan.  

 

"PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan,"Ujarnya.***Jr