Pemkab Meranti Akan Lakukan Gebrakan Demi Mendongkrak PAD

Kamis, 17 Maret 2016

Disela-sela penyerahan plakat oleh Kepala BPS Kabupaten Meranti kepada Wakil Bupati H Said Hasyim

PELITARIAU, Selatpanjang- Dalam acara pertemuan bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau Mawardi Arsad didampingi Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Meranti Ajid Hajiji yang baru saja dilantik dan jajaran, pada Rabu (16/03/2016), Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim sempat menanyakan kondisi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Meranti tahun 2015 kepada Kepala BPS sebelumnya.

 
Dimana dirinya mengakui pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Meranti cukup baik yakni 7 persen, jauh diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau yang hanya berkisar 2 persen saja.
 
Kondisi itu semakin diperburuk oleh pemotongan Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas (DBH-Migas) Riau oleh Pemerintah Pusat, Dan di Kepulauan Meranti sendiri, pada tahun ini terjadi pemotongan hampir setengah Triliun atau 1/3 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Meranti. 
 
Dan dikabarkan karena semakin anjloknya harga minyak dunia DBH-Migas daerah-daerah penghasil Migas di Riau akan kembali turun. Menyikapi masalah ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti tidak tinggal diam dan akan mencoba melakukan berbagai gebrakan untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk menutupi kebutuhan pembangunan. 

 

Salah satu yang menjadi referensi kebijakan adalah data Valid dari BPS sebagai salah satu Lembaga paling independen di Indonesia yang telah diakui oleh dunia Internasional.

 
Selain meminta dukungan Pemda soal Sensus yang akan dilakukan oleh BPS,
dalam pertemuan itu Kepala BPS Provinsi Riau juga memperkenalkan Kepala BPS Meranti yang baru Ajid Hajiji yang menggantikan pejabat lama Rusli Jamal, pertemuan singkat itu ditutup dengan foto bersama dan penyerahan plakat oleh Kepala BPS Kabupaten Meranti kepada Wakil Bupati H Said Hasyim.***