Bupati Inhu Tuntaskan Musrenbang 14 Kecamatan

Kamis, 17 Maret 2016

Pelaksanaan Musrenbang tuntas di Inhu

PELITARIAU, Rengat – Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto, SE menjemput langsung aspirasi masyarakat tiga kecamatan dalam satu hari melalui musyawaran perencanaan pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 tingkat kecamatan, Rabu (16/3/2016). Tiga kecamatan yang melaksanakan musrenbang diantaranya Batang Peranap, Peranap dan Kelayang.
 
Dengan telah dilaksanakannya musrenbang pada tiga kecamatan ini, maka seluruh rangkaian musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Inhu tahun 2017 telah selesai. Dan seluruhnya dihadiri langsung Bupati Inhu H Yopi Arianto didampingi anggota DPRD Inhu serta seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemkab Inhu.
 
Kecamatan pertama yang di kunjungi Bupati Inhu H Yopi Arianto untuk menjemput aspirasi, Rabu (16/32016), yakni Kecamatan Batang Peranap. Kemudian di Kecamatan Peranap dan Kecamatan Kelayang. Dari tiga kecamatan ini, Bupati melaksanakan kegiatan sejak pagi hingga petang.
 
Tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan musrenbang sebelumnya, pada musrenbang di Kecamatan Batang Peranap, Peranap dan Kelayang, pembangunan infrastruktur jalan, peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan dan penyediaan jaringan listrik masih menjadi prioritas yang diharapkan masyarakat.
 
Untuk Kecamatan Batang Peranap, kondisi jalan penghubung antar desa merupakan permasalahan pokok yang disampaikan masyarakat. Mereka berharap Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) segera mengambil langkah karena jalan tersebut dalam kondisi rusak serta menjadi akses utama pengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan masyarakat.
 
Selain kondisi jalan, masyarakat Kecamatan Batang Peranap berharap, Pemkab Inhu segera menyelesaikan permasalahan tapal batas antar Kabupaten Inhu dan Kabupaten Kuansing. Karena persoalan perbatasan dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik antar warga.
 
Dari Kecamatan Peranap, Bupati Inhu H Yopi Arianto menghadiri pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Kelayang. Berdasarkan usulan yang disampaikan Camat Kelayang, Umar SSos, prioritas pembangunan di Kecamatan Kelayang yang diusulkan mencapai Rp 32 miliar yang dibagi dalam kegiatan fisik, ekonomi, sosial dan budaya.
 
Selanjutnya, kegiatan ini diteruskan dengan sesi dialog antara  Bupati Inhu H Yopi Arianto bersama masyarakat. Tidak jauh berbeda dengan kecamatan lain, usulan-usulan yang disampaikan lebih mengharapkan pada peningkatan pembangunan sektor kesehatan, ekonomi, sosial budaya dan infrastruktur.
 
Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Inhu akan membangun Puskesmas Plus di Desa Bongkal Malang yang bersumber dari APBD Provinsi Riau tahun 2016. Puskesmas Plus ini akan memberikan pelayanan hampir setara dengan RSUD Indrasari Rengat. “Puskesmas Plus ini merupakan yang pertama di Kabupaten Inhu,” tegas Bupati.**(surya/rillis)