Bupati Hadiri Launching Bridging System Aplikasi PCare dan Simpus

Rabu, 16 Maret 2016

 

PELITARIAU, Tembilahan- Bupati Inhil, HM Wardan menghadiri kegiatan launching Bridging System Aplikasi Primary Care (PCare) dan Sistem Informasi Kesehatan (Simpus). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di Gedung Engku Kelana Tembilahan ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

 

Juga hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdakab Inhil H Said Syarifuddin, Kepala Dinkes Inhil H Zainal Arifin, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tembilahan Yessi dan beberapa instansi lainnya serta pihak RSUD Puri Husada Tembilahan hingga Puskesmas se-Inhil.

 

“Saya harapkan seluruh Puskesmas di Inhil bisa mengakses sistem ini dan terpenting berlangsung hingga terus-menerus kedepannya,” pesan Bupati Wardan.

 

Sementara itu, Kepala Dinkes Inhil H Zainal Arifin menjelaskan bahwa program tersebut sudah terlaksana di berbagai daerah di Indonesia. Namun untuk Sumatera, Dinkes Inhil lah instansi yang pertama kali memberlakukan.

 

“Perlu diketahui, PCare ini merupakan sistem informasi pelayanan pasien BPJS berbasis komputer online. Sedangkan Simpus adalah sistem informasi pelayanan semua pasien di Puskesmas yang selama ini masih dilaksanakan secara manual,” terang Zainal.

 

Ditahun 2016, lanjutnya, Inhil terlebih dahulu akan menerapkan Bridging Sistem PCare dan Simpus di 6 Puskesmas yakni Puskesmas Tembilahan Kota, Tembilahan Hulu, Gajah Mada, Sungai Salak, Kempas Jaya dan Puskesmas Pengalihan Enok.

 

Dan pada tahap berikutnya, pada tahun 2017 ditargetkan semua Puskesmas di Inhil sudah menerapkan sistem tersebut.***Bud/Adv